23 Santri Mengaji Langsung ke Pengasuh

Iro, Latee I

Santri Pondok Pesantren Annuqayah Latee 1 (PPAL 1) yang mengaji Al-Qur’an secara langsung ke pengasuh Nyai Maghfuroh, istri KH. Abd. Basith Abdullah Sajjad BA semakin bertambah. Saat ini terdapat 23 santri yang mengaji langsung ke pengasuh.

Santri yang mengaji ke pengasuh didominasi oleh siswa kelas V dan VI Awaliyah, dan beberapa santri yang sudah tamat Madrasah Diniyah Annuqayah Latee 1 (MADAL 1).

Bertambahnya santri yang mengaji ke pengasuh ini disebabkan oleh kebijakan pihak MADAL 1. Sebelumnya, santri yang mengaji ke pengasuh terbilang sedikit, berkisar tiga sampai lima orang, dan tergolong santri-santri senior. Dan untuk saat ini, berjumlah dua puluh tiga santri.

Membeludaknya santri yang mengaji ke pengasuh terjadi pada dua tahun terakhir, yakni pada kepemimpinan Waka MADAL 1 Ustadzah Siti Nur Aisyah, S. Ud (1440-1441 H) dan Ustadzah Luthfiyah Ba Yusuf (1441-1442 H).

Pada periode pertama dari dua tahun terakhir, 1440-1441 H, kebijakan MADAL 1 adalah memberikan kesempatan mengaji kepada santri yang hampir berhenti untuk mengaji ke pengasuh dengan syarat ada konfirmasi terlebih dahulu ke Waka MADAL 1.

Pada periode selanjutnya, 1441-1442 H, pihak MADAL 1 memberi kebijakan serupa. Namun selain itu, pihak MADAL 1 menambahkan daftar santri mengaji ke pengasuh setelah adanya kesepakatan pada musyawarah bersama para pembimbing mengaji. Pihak pembimbing memberikan laporan tentang santri yang bagus dalam mengaji. Kriteria bagus ini meliputi, lancarnya bacaan, tajwid, dan fashahah. Lalu Waka MADAL 1 memberikan kesempatan khusus kepada santri yang berprestasi ini.

Selain itu, terdapat satu kebijakan khusus dari pengasuh, yakni beliau meminta langsung santri-santri tertentu untuk mengaji kepada beliau. Waka MADAL 1 periode 1441-1442 H, Ustadzah Luthfiyah Ba Yusuf menuturkan, santri-santri khusus itu akan mendapat bimbingan langsung dari pengasuh, termasuk dalam akhlak dan pembinaan spiritual.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *