Asah Kreasi Santri dengan Pengenalan Alam Sejak Dini

Faiqatul Muammarah, PPA Lubangsa Utara Putri

Annuqayah.ID – Ahad, 21 November 2021 TK/TPA Al-Wildan yang berada di bawah naungan PPA Lubangsa Utara kembali mengadakan kegiatan tadabur alam. Kegiatan yang memang diagendakan setiap bulan ini menjadi salah satu wahana rekreasi dan edukasi santri TK/TPA Al-Wildan. Kegiatan tadabur alam ini bertujuan untuk mengenalkan tentang alam, meningkatkan rasa persaudaraan dan juga meningkatkan minat belajar santri TK/TPA Al- Wildan. Pada bulan ini, karena masih pandemi, tadabur alam dilaksanakan di dalam lingkungan Annuqayah tepatnya di dhalem pengasuh sendiri yang berada di desa Patapan, Pragaan Sumenep.

Ada berbagai macam aktivitas yang biasanya sengaja diagendakan, di antaranya mendongeng, mewarnai, menempel, berenang, bercocok tanam, melukis dan kegiatan lain yang dapat mendukung kreativitas anak-anak TK/TPA Al-Wildan. Pada tadabur alam kali ini, kegiatan lebih difokuskan kepada kreativitas anak dalam menggabar atau yang disebut juga dengan prakarya yakni dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mayoritas berasal dari alam, seperti pelepah daun pisang dan belimbing wulu.

Para ustazah saat mendampingi santri TK/TPA Al-Wildan dalam kegiatan tadabur alam (21/11)

Sekalipun cuaca sempat tidak bersahabat, namun acara dapat berjalan dengan cukup lancar.

“Alhamdulillah kami merasa bangga dan merasa sangat senang karena sekalipun cuaca tidak begitu mendukung dan udara yang cukup dingin semangat dan partisipasi santri tidak surut sedikitpun. Walaupun ada beberapa yantg tidak dapat hadir karena memiliki halangan masing-masing. Kami juga sangat berterimakasih kepada ketua POS (persatuan orang tua santri) yang sangat sigap menyampaikan informasi kepada seluruh wali santri yang tidak bisa hadir ke sekolah,” ujar Zakiyatul Anisah selaku ketua TK/TPA Al-Wildan sekaligus Pengurus PPA Lubangsa Utara Putri saat diwawancarai.

Seperti tadabur alam pada sebelum-sebelumnya kegiatan ini ditutup dengan makan bersama oleh seluruh santri dan bermain bersama para ustazah TK/TPA Al-Wildan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *