Pondok Pesantren Annuqayah
Image default
Uncategorized

Bincang-Bincang Literasi Digital Pesantren, Demi Mencegah Kedunguan di Media Sosial

Lisyanto, Sekretariat-PPA

Annuqayah.ID- Institut Ilmu keislaman Annuqayah (Instika) bekerjasama dengan Kominfo, mendatangkan empat pemateri sekaligus dalam Acara seminar Literasi Digital Pesantren dengan tema Makin Cakap Digital yang bertempat di Aula Asy-Syarqawi pada Ahad (17/07) pagi.

Selaku Jendral Informatika RI, Semuel Abrijanipangerapan, B.Sc asal Sumatera Barat menjelaskan bahwa di eropa peraturan mengoprasikan telepon genggam umurnya harus mencapai minimal 16 tahun, beda dengan  di Indonesia yang umurnya hanya 13 tahun. Maka berbagai kejadian yang tidak diinginkan sering terjadi di negara merah putih ini, sebab peraturan yang diterapkan ternyata tidak berbobot sama sekali, sebab umur 13 tahun adalah usia yang terlalu dini untuk bergelut di dunia digital.

“Jadi apa bila terjadi berbagai permasalahan dalam salah satu dunia digital yakni media sosial maka curhat dengan orang tua atau guru kalian ,” ujarnya.

Berbeda dengan pemikiran Pak Jendral, Irofiatul Rofiah selaku Praktisi Radio Renwic Center Pare   mengatakan bahwa sering kali mendengar ungkapan dari non santri mengenai signal lemot akibat santri yang berlibur.

Fokus: Para Peserta seminar sedang menyimak materi Literasi Digital Pesantren (17/7).

“Maka darinya patut kiranya kita harus  membatasi waktu untuk mengaskes media sosial dengan mengoperasikan telepon genggam atau alat elektronek lainnya,” jelasnya.

Sedangkan dari ketua Kominfo Sumenep, Irwan Sujad Miko menegaskan bahwa dunia digital layaknya sebuah pisau. Karena selain dapat menjadi alat bantu bagi manusia, pisau juga mampu menyakiti sesamanya.

“Jadi dari hal itu kita menggunakan etika santri dalam mengaskes dunia digital,” paparnya.

Selaku rektor II, Daman Huri juga mejelaskan mengenai problem dari dunia digital lahir dari sebuah bahan bacaan para penggunanya, yang kebanyakan pelajar. Dan sebuah problem itu harus diperhatikan.

“Solusinya adalah kita harus berkontestasi mengisi berbagai media sosial untuk memberi contoh yang baik,  juga bagaimana negara bisa bertindak tegas terhadap dunia digital,” tegasnya, mengakhiri seminar itu.

Related posts

KH Moh Naqib Hasan Lantik Pengurus Keamanan Pusat

Annuqayah.ID

Jadwal Shalat dan Imsakiyah Ramadan 1441 H

Annuqayah.ID

Selamat Hari Pahlawan

Annuqayah.ID