Buka Bersama dalam Rangka Menyambut Hari Raya Idul Adha

M. Deva Wisno Widodo, Lubangsa Selatan

Annuqayah,ID – Pondok Pesantren Annuqayah daerah Lubangsa Selatan melaksanakan kegiatan buka bersama puasa sunah (29-30/7) sebelum perayaan Idul Adha yaitu puasa tarwiyah dan arafah. Kegiatan yang berlangsung sejak hari Rabu sampai Kamis ini dilaksanakan di halaman depan masjid Lubangsa Selatan.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk melanjutkan ciri khas yang melekat pada santri pondok pesantren yaitu kebersamaan dan kesederhanaan serta menanamkan karakter saling tolong-menolong, gotong royong, bersahaja dan penuh syukur.

“Kegiatan ini ingin mendorong santri berpuasa sunnah menyambut hari raya Idul Adha serta menerapkan nilai kebesamaan dan kesederhanaan yang ada di Pesantren” ucap Ustaz Ainur  Rifqi selaku ketua pengurus PPA Lubangsa Selatan.

Santri PPA Lubangsa Selatan ketika buka puasa bersama menjelang Idul Adha

Michael Musthafa, salah seorang santri PPA Lubangsa Selatan menyatakan dukungannnya terhadap kegiatan ini. Dia mengharap kegiatan ini dapat menjadi pelecut santri untuk terus melakukan puasa sunnah sebelum hari raya Idul Adha dalam rangka fastabiku al-khairat.

“Kegiatan ini baik bagi santri dalam mengimplementasikan prinsip fastabiku al-khairat “ ujar santri asal daerah Guluk-Guluk Barat itu.

Sementara itu, ketua organisasi Hafatain, Abdullah Al-Mubarak mengatakan memiliki kesan berbeda pada momentum hari raya Idul Adha tahun ini. Menurutnya, tahun ini adalah tahun pertama dia dan santri lainnya melaksanakan idul Adha di pondok.

“Biasanya kan libur. Juga dengan adanya kegiatan buka bersama ini menjadikan Idul Adha kali  ini sangat berkesan, beda dari yang sudah-sudah” komentarnya.

Dalam hal hidangan buka puasa, santri diwajibkan membayar sumbangan sekecil sepuluh ribu rupiah untuk dua hari buka puasa, yaitu pada hari Rabu dan Kamis. Hasil sumbangan ini kemudian dibelanjakan oleh panitia, untuk selanjutnya dimasak dan dihidangkan saat buka puasa nanti.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *