Gelar Program Donor Darah, Ponkestren Annuqayah Gandeng Puskesmas Guluk-Guluk dan PMI

Partomo, Sekretariat-PPA

Annuqayah.ID – Sabtu, 7 Nopember 2020 pengurus Ponkestren Annuqayah menggelar salah satu program donor darah yang bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Guluk-Guluk dan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia cabang Kabupaten Sumenep. Kegiatan ini dilaksanakan di gedung Ponkestren Annuqayah.

Sebanyak 61 pendonor yang mengikuti program ini. Perinciannya 26 pendonor santri putra, 22 pendonor santri putri dan 13 pendonor kategori nonsantri. Pendonor yang masuk dalam kategori nonsantri meliputi masyaikh Annuqayah, pegawai Puskesmas Guluk-Guluk dan masyarakat.

Sebelumnya, peserta yang mendaftar untuk mendonorkan darahnya berjumlah 120 orang. Setelah dilakukan pemeriksaan diketahui hanya sebanyak 61 peserta yang mencukupi syarat untuk melakukan donor darah.

Salah satu peserta donor darah Ponkestren Annuqayah

“Kegiatan ini diikuti oleh 120 orang dari santri dan nonsantri. Akan tetapi yang mencukupi syarat hanya 61 orang,” tutur Hawiyah Wikandari, selaku wakil ketua Ponkestren Annuqayah Putri.

Dia menambahkan bahwa tujuan dilaksanakannya program donor darah ini agar santri tetap sehat. Sebab manfaat donor darah bisa mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan membantu meningkatkan produksi darah.

“Juga agar jaringan sosial kita lebih meningkat, karena kita sebagai manusia pasti membutuhkan orang lain dan akan saling membutuhkan,” lanjut santri PPA Latee I tersebut.

Ahmad Ziyan Faradis, santri PPA Lubangsa Selatan yang ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya mengaku termotivasi untuk membantu orang-orang yang kekurangan darah dan membutuhkannya. Dia yang baru pertama kali mengikuti kegiatan donor darah mengaku bahagia sebab bisa membantu orang lain.

“Saya pertama kali ikut donor darah, rasanya agak sakit terus sedikit pusing setelah selesai. Tapi saya bahagia sebab bisa membantu orang lain,” ucapnya kepada Annuqayah.ID

Hal senada juga diucapkan Kholifah, santri PPA Latee II yang juga mengikuti program donor darah ini, dia mengaku sudah lama memiliki keinginan untuk ikut program donor darah. Dia merasa senang sekali Ponkestren Annuqayah mengadakan program peduli sosial ini.

“Alhamdulillah Ponkestren Annuqayah mengadakan kegiatan ini. Sebenarnya saya sudah lama memiliki keinginan untuk ikut program donor darah,” tukasnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *