Haul Masyaikh Annuqayah IAA Rubaru: KH. Ahmad Hanif Hasan Tekankan Pentingnya Persatuan Umat dan Pelestarian Lingkungan

Moh. Mizan Asrori, Sekretariat-PPA

Annuqayah.ID – Ahad (23/02) Ikatan Alumni Annuqayah (IAA) Kecamatan Rubaru menyelenggarakan Haul Umum VI Masyaikh Annuqayah. Acara ini ditempatkan di Musala Annajah Mandala Rubaru, di kediaman H. Abd. Qawi.

Haul ini dihadiri tidak kurang dari 500 anggota IAA dari berbagai kecamatan, bahkan ada juga alumni dari kepulauan menyempatkan hadir. Turut diundang, seluruh pengasuh Pondok Pesantren Annuqayah.

Panitia mengemas acara dengan pembacaan tawasul, pembacaan Surah Yasin, pembacaan tahlil, tausiah, dan doa.

KH. Ahmad Hanif Hasan dalam tausiahnya menekankan arti penting menjaga persatuan di antara umat Islam, terlebih umat Islam yang berhaluan Ahlussunah Wal Jama’ah.

“Harapan saya, alumni Annuqayah bisa berada di barisan terdepan dalam menjaga persatuan. Sebab orang mukmin yang kuat lebih baik ketimbang orang mukmin yang lemah. Kekuatan keimanan, kekuatan ekonomi, kekuatan fisik, kekuatan jiwa, kekuatan kesatuan, sangat diperlukan di tengah ancaman ekstremisme agama dan radikalisme agama,” ujarnya.

Pelaksanaan Haul Masyaikh IAA Rubaru.

Selain itu, KH. Ahmad Hanif Hasan juga mengingatkan tentang pentingnya pengamalan esensi ajaran agama, terutama dalam menjaga lingkungan.

“Agama bukan hanya ke barat ke timur zikir, tapi juga perlu diamalkan. Biar stigma orang Islam kotor, orang Islam kumuh tidak selalu dilekatkan pada kita. Coba kita lihat kalau di sekolah Kristen, kebanyakan bersih. Kenapa kalau pondok kok kotor dan kumuh? Padahal Islam memiliki ajaran tentang kebersihan yang sangat penting,” imbuhnya.

Terakhir, salah satu sosok Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Annuqayah tersebut juga mengharap alumni bisa turut serta mengawal perkembangan pendidikan di Annuqayah.

“Kami mohon pantauan Anda mengenai perkembangan IST dan Instika, yang insyaallah akan digabung menjadi universitas. Takutnya hanya pintar dari segi keilmuan, tapi dadanya (iman dan akhlak: red) rusak,”

Dikonfirmasi secara terpisah, ketua pelaksana Haul Umum VI Masyaikh Annuqayah, Abdullah Warid sangat gembira atas keberhasilan acara ini.

“Puas, Masyaikh banyak yang hadir. Bahkan beliau-beliau sampai rela menunda acara bulanan “Kopi Susu” karena ada undangan haul. Hadirin juga banyak. Harapan saya, tahun-tahun berikutnya kita mampu merangkul lebih banyak alumni,” ujarnya mengatakan puas dengan acara haul yang sudah direncanakan sejak 2 bulan lalu, berjalan lancar dan meriah.

1 komentar untuk “Haul Masyaikh Annuqayah IAA Rubaru: KH. Ahmad Hanif Hasan Tekankan Pentingnya Persatuan Umat dan Pelestarian Lingkungan”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *