Pondok Pesantren Annuqayah
Image default
Alumni

IAA Pragaan Gelar Acara Haul Masyaikh Annuqayah, Sekaligus Pelantikan Pengurus Baru Ranting IAA Se-Kecamatan Pragaan

Lisyanto, Sekretariat-PPA

Annuqayah.ID – Ikatan Alumni Annuqayah  (IAA) Kecamatan Pragaan gelar Haul Masyaikh Annuqayah sekaligus Pelantikan Pengurus Ranting IAA Se-Kecamatan Pragaan yang bertempat di halaman Lembaga Pendidikan Islam An-Nusyur, Desa Aeng Panas, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep pada Kamis pagi, 18 Agustus 2022.

Berkat semangat, dukungan, dan sumbangan dari alumni, acara pagi ini berjalan dengan lancar sesuai harapan. Terbukti dari kehadiran para undangan putra maupun putri yang membludak memenuhi tempat yang sudah disediakan para panitia. HaI ini dibenarkan oleh Imam Mahdi Selaku Ketua  Panitia dalam sambutannya.

“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Kiai Abd Hayyi S.Pd.I, karena sudah memberi izin untuk melaksanakan acara ini, dan tujuan ini juga tidak luput untuk tetap menyambung barokah kepada para guru, para kiai, dan para pengasuh yang sudah hadir pada kesempatan ini,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan ini tidak meminta sumbangan dan juga tidak menggunakan proposal, tapi sesuai keikhlasan alumni untuk membantu menyumbang.

“Dana di sini adalah berkat kesadaran dari para alumni. Kami tidak minta, apalagi menyebar proposal. Alhamdulillah, berkat semangat dari kami semua, maka acara ini terlaksana dengan lancar,” timpalnya.

Acara yang mengundang seluruh alumni Pondok Pesantren Annuqayah di Kecamatan Pragaan ini dihadiri langsung oleh para Kiai dan Masyaikh dari Annuqayah, di antaranya adalah KH Abd A’la, KH Ali Fikri, M.Pd, KH M Afif Hasan, KH Hanif Hasan, Kiai Ah Syamli, KH Syafi’i Anshari,  KH Muhammad Shalahuddin A Warist M.Hum, KH Busyiri Ali Mufi, Ra Nubail, Kiai Syauqi Ishomuddin, Kiai Muhammad Affan, Kiai M Faizi, Kiai Halimi, Kiai Abd Halim, Kiai Abdullah Sajjad, Kiai Halimi Ishomuddin, Kiai Ahmad Khalid, Kiai Ubaidillah Tsabit, KH Muhammad Muhsin Amir, Kiai Muhammad Al-Faiz Sa’di, dan dimeriahkan oleh Majelis Selawat Sabiqul Khairat, dan disponsori oleh Radio Permata 99 FM Aeng Panas.

Prosesi pelantikan ketua ranting IAA Se-Kecamatan Pragaan (18/8).

Prof KH Dr Abd A’la dalam tausiahnya menyinggung masalah sanad keilmuan agama yang sangat penting untuk tetap dijaga. Karena ini juga termasuk bagian dari agama, maka untuk itu, beliau juga mengajak kepada para alumni untuk selalu bersyukur atas terlaksananya acara ini. Juga jangan lupa untuk terus menyambung silaturrahim kepada guru-guru kita semua.

“Kehadiran para kiai, ini adalah kenikmatan yang paling besar, maka untuk itu kita harus selalu mengirim selawat kepada Nabi Muhammad, mengharap supaya untuk selalu dijaga. Sekali lagi, hubungan alumni dengan para pengasuh jangan sampai terputus, untuk semakin memperkokoh para kiai-kiai yang sudah mendahului kita. Dan juga untuk memperkokoh data yang kongkrit,” sambungnya.

Lain dengan KH Muhammad Shalahuddin A Warits M.Hum, dalam tausiahnya mengatakan bahwa alumni Annuqayah harus menjadi agen di tengah-tengah masyarakat, untuk menjadi jalur paham-paham dari sesepuh Annuqayah. Jika tidak mampu, maka menjadi alumni gagal. Karena kita semua adalah jalur untuk meneruskan paham dari pendiri Pondok Pesantren Annuqayah yaitu Kiai Syarqawi Al-Qudusi.

“Adanya masalah sekarang ini, ada pada ranting. Karena pohonnya adalah Kiai Syarqawi yang dari biografinya dari masa kecil di Kudus, dan ketika menimba ilmu di beberapa tempat harus dilihat, dan dipelajari, maka kita akan kenal sanad keilmuan beliau,” terangnya.

Sebagai pamungkas, Kiai Muhammad Al-Faiz Sa’di Amir yang datangnya dari Jember juga memberi tausiah, yang membahas masalah kesabaran dalam kehidupan para Masyaikh yang terus bersemangat dan bersabar merawat Annuqayah dari zaman dahulu hingga sekarang yang sama sekali tidak pernah merusak santri maupun alumni.

“Dari Kiai Amir Ilyas, ibadah yang paling berat adalah sabar, karena mencakup dua demensi, satu sabar di dalam wilayah usaha kita, seperti perintah Allah, dan sabar di luar wilayah usaha kita, ketika terjadinya gempa bumi, juga lainnya, ” ungkapnya.

Acara dipungkas dengan pembacaan doa bersama yang dipimpin oleh KH Syafi`i Anshari, juga Kiai Abd Hayyi S.Pd.I.

 

Related posts

IAA Rubaru dan Iksaputra Sediakan Rombongan Gratis Bagi Santri Annuqayah dari Pantura

Annuqayah.ID

IAA Pusat Gelar Pengukuhan dan Musyawarah Kerja

Annuqayah.ID

Dihadiri Pengasuh dan Sejumlah Kiai, Temu Alumni Lubtara Nostalgia Masa Karangayar

Annuqayah.ID