JTK PPA Lubangsa Putri Gelar Wisuda yang Ketujuh

Partomo, Sekretariat-PPA

Annuqayah.ID – Jam’iyah Ta’miq Al-Kutub (JTK) PPA Lubangsa Putri menggelar wisuda terbuka Nazm al-’Imriti, Nazm al-Maqshud dan Alfiyah ibn Malik pada hari Jumat, 19 Februari 2021 bertempat di halaman PPA Lubangsa Putri. Acara yang digabung dengan penutupan Gebyar Lomba Lembaga Semi Otonom (GLLSO) ini dihadiri oleh pengasuh PPA Lubangsa Putri, para ustaz, wali santri, alumni, delegasi pengurus pesantren daerah putri, dan seluruh anggota lembaga semi otonom PPA Lubangsa Putri.

Peserta wisuda untuk tingkat Nazm al-’Imriti berjumlah 19 santri, 23 santri tingkat Nazm al-Maqshud, 4 santri untuk tingkat Alfiyah ibn Malik 1, sebanyak 6 santri untuk tingkat Alfiyah ibn Malik 2, serta 2 orang santri untuk tingkat Alfiyah ibn Malik 3. Total anggota JTK PPA Lubangsa Putri yang mengikuti wisuda berjumlah 54 santri.

KH Muhammad Shalahuddin A Warits, selaku pengasuh PPA Lubangsa menyampaikan sambutannya secara virtual disebabkan berhalangan pada acara wisuda JTK yang ketujuh ini. Beliau mengucapkan selamat atas terselenggaranya acara wisuda tahun ini. Beliau juga mendoakan para wisudawati agar mendapatkan barokah atas ilmu yang diperoleh selama pembelajaran.

“Kami mengucapkan selamat atas kegiatan wisuda pada hari ini. Dan juga mendoakan semoga apa yang kalian capai mendapatkan barokah dan menjadi tambahan kebaikan, serta ilmu di dalam tahap pembelajaran,” ucap beliau sebagaimana dikutip dari Lubangsa.org

Wisudawati Jam’iyah Ta’miq Al-Kutub (JTK) PPA Lubangsa Putri.

Acara yang dimeriahkan oleh penampilan club shalawat al-banjari PPA Lubangsa Putri ini sempat terlambat dari jadwal yang sudah terencana. Semestinya acara ini dimulai pada jam 7 pagi.

“Banyak rentetan acara yang tidak sesuai dengan rencana awal. Kan kemarin ada hambatan rahmat dari Allah, hujan, jadinya agak molor satu jam,” ucap Ustazah Helliyatul Hasanah, salah satu panitia SC acara penutupan GLLSO dan wisuda JTK saat dimintai keterangan (20/2).

Santri asal Gapura Timur ini mengatakan bahwa banyak sesi dalam pelaksanaan wisuda ini yang terpaksa dipangkas. Pasalnya waktu yang tersisa berdekatan dengan waktu salat Jumat.

“Untuk demonstrasi yang biasanya seperti ini awalnya diubah menjadi seperti ini. Kan waktunya mepet sama Jumatan. Jadi yang biasanya yang menyoal (ditanya, red) beberapa jadi yang disoal hanya dua orang, tiga orang,” tambahnya.

Dia berharap agar pelaksanaan wisuda pada tahun yang akan datang tidak terjadi kemoloran waktu seperti wisuda tahun ini. Dia juga berharap peserta wisuda bertambah dari jumlah wisudawati tahun ini.

“Kalau perkembangan dari tahun kemarin, kemarin itu sekitar 60-an, tapi sekarang sekitar 50-an,” tuturnya.

Dia juga berharap pelaksanaan wisuda untuk JTK tahun depan ada yang tingkat Alfiyah ibn Malik 4. Menurutnya, wisudawati Alfiyah ibn Malik 3 yang terdiri dari dua santri itu tidak akan boyong pada tahun depan.

“Yang wisuda alfiyah 3 itu dua orang dan kebetulan tidak mau boyong, untuk tahun depan ada penerus untuk yang alfiyah 4,” harapnya.

Sitti Ummu Kulsum, wisudawati tingkat Alfiyah ibn Malik 2 yang juga dinobatkan sebagai wisudawati terbaik tingkat Alfiyah ibn Malik 2 mengaku deg-degan saat sesi demonstrasi. Sebab bukan hanya ustaz yang menguji hafalan dan pemahaman para wisudawati. Sebagian pengasuh juga ikut berpartisipasi menguji para wisudawati.

“Deg-degan lah, karena wisuda terbuka. Jadi siapa pun bisa nyoal bukan cuma ustaz-ustaz. Apalagi kemarin itu Kiai Halim kan juga ikut nyoal. Tapi karena waktunya terbatas, tidak terlalu banyak dari luar,” akunya.

Santri asal Ambunten ini mengaku sangat bahagia bisa ikut wisuda. Proses yang harus dilalui cukup panjang. Bahkan satu bulan sebelum pelaksanaan wisuda dia harus mengikuti bimbingan khusus untuk menyiapkan diri saat pelaksanaan wisuda terbuka.

“Bahagia lah, kan seolah-olah perjuangannya tidak tidur pada malam hari terbayar gitu,” tandas santri yang sudah 7 tahun menjadi anggota JTK PPA Lubangsa Putri ini.

1 komentar untuk “JTK PPA Lubangsa Putri Gelar Wisuda yang Ketujuh”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *