Kenalkan Madrasah, MA 1 Annuqayah Gelar MATSAMA 2021

Anshori Ahmad, MA 1 Annuqayah

Annuqayah.ID – Kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di madrasah setiap awal tahun ajaran baru guna menyambut kedatangan para siswa baru. Berkenaan dengan itu, Madrasah Aliyah (MA) 1 Annuqayah baru-baru ini merealisasikan MATSAMA pada Ahad-Selasa (11-13/07/2021) yang bertempat di Auditorium MA 1 Annuqayah. Kegiatan MATSAMA ini dikemas dengan beberapa penyajian seputar selayang pandang madrasah, motivasi belajar, Aswaja dan ke-Annuqayahan, dan pembacaan tata tertib siswa MA 1 Annuqayah. Kegiatan ini juga diikuti oleh siswa baru yang berjumlah 180 orang.

KH Mohammad Shalahuddin A Warits selaku Kepala MA 1 Annuqayah menyampaikan ketika acara pembukaan bahwa penting sekali bagi siswa baru untuk mengenal madrasah yang akan dijadikan tempat dalam proses mencari ilmu.

“MA 1 Annuqayah adalah madrasah yang mendidik karakter siswa serta siswa MA 1 Annuqayah merupakan penjaga budaya,” pesan singkat beliau sebelum memasrahkannya kembali kepada moderator, yang kala itu dimoderatori oleh salah satu panitia Anshori Ahmad.

Di sela-sela penyampaiannya, beliau menuturkan beberapa tujuan acara MATSAMA ini dilaksanakan dalam kurun waktu tiga hari itu.

“Tujuan kegiatan MATSAMA adalah sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MATSAMA juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di madrasah. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di madrasah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan madrasah,” ujar Penasehat PP Annuqayah Daerah Lubangsa itu.

Pada hari pertama, acara panyajian tentang materi motivasi belajar yang difasilitatori oleh Bapak Ach Syafiuddin. Dihari kedua penyampaian materi Aswaja dan ke-Annuqayahan yang disampaikan langsung KH Mohammad Hosnan. Sedangkan pada hari terakhir diisi dengan penyajian stadium general yang disajikan oleh KH Ach. Maimun. Setelah itu berlajut pada pembacaan tata tertib siswa MA 1 Annuqayah oleh Koordinator Bimbingan Konseling (BK) Bapak Abd Aziz dan Waka Kurikulum Bapak Mudda’ie.

Sebelum acara berakhir, terdapat pemberian hadiah kepada peserta dan kelompok terbaik. Kemudian acara diakhiri dengan berjabat tangan antara panitia dan peserta MATSAMA MA 1 Annuqayah 2021.

Penyajian materi Motivasi Belajar yang difasilitatori oleh Bapak Ach Syafiuddin pada kegiatan MATSAMA MA 1 Annuqayah 2021 (11/07).

Dikesempatan berbeda, Bapak Moh. Khalili KN selaku Ketua Pelaksana Biro Madaris Pondok Pesantren Annuqayah juga memberikan keterangan terkait kegiatan MATSAMA 2021 yang telah dilaksanakan diberbagai satuan pendidikan Annuqayah.

“Kegiatan MATSAMA tahun ini dilaksanakan secara serentak diseluruh satuan pendidikan Annuqayah serta tempatnya di satuan pendidikan masing-masing. Hal ini terjadi karena kami berpatokan pada kalender pendidikan serta merasa lebih kompak. Tujuan dari pelaksanaan MATSAMA ini adalah dapat mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan madrasah dan sekitarnya, menumbuhkan semangat belajar yang efektif sebagai siswa baru, mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga madrasah lainnya, serta menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman, persatuan, kedisplinan, hidup sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong,” tutur guru MA 1 Annuqayah itu.

Pihaknya juga memberikan penjelasan terkait beberapa aktivitas yang dilarang dalam pelaksanaan MATSAMA 2021 ini.

“Aktivitas yang dilarang selama pelaksanaan MATSAMA ini antara lain yaitu adanya aktivitas peloncoan terhadap siswa baru, memberikan tugas kepada siswa baru yang mewajibkan membawa suatu produk dengan merk tertentu, menghitung sesuatu yang tidak bermanfaat (menghitung nasi, gula, semut, dsb), memakan dan meminum makanan dan minuman sisa yang bukan milik masing-masing siswa baru, memberikan hukuman kepada siswa baru yang tidak mendidik seperti menyiramkan air serta hukuman yang bersifat fisik atau mengarah pada tindak kekerasan, memberikan tugas yang tidak masuk akal seperti berbicara dengan hewan atau tumbuhan, membawa barang yang sudah tidak diproduksi kembali, dan aktivitas lainnya yang tidak relevan dengan aktivitas pembelajaran,” tegasnya.

Beliau juga berharap kepada para pimpinan disatuan pendidikan Annuqayah agar kegiatan MATSAMA 2021 dilaksanakan dengan semaksimal mungkin dan penuh kehati-hatian. Mengingat saat ini, pemerintah masih melaksanakan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

“Harapan dari kami kepada para pimpinan agar dalam pelaksanaan MATSAMA menerapkan protokol kesehatan yang ketat, pihak madrasah juga mengetahui terhadap karakteristik siswa baru, dan membuat data base bakat minta siswa yang dimiliki untuk dijadikan acuan dalam pengembangan potensi siswa baru yang dimilikinya,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *