KKN Integratif 2021 INSTIKA Posko 46 Adakan Kursus Ta’lim Bahasa Arab di PPA As-Syafi’iyah

Afina Fajriana, PPA As-Syafi’iyah

Annuqayah.ID – KKN (Kuliah Kerja Nyata) Integaratif 2021 Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Posko 46 memperkenalkan diri sekaligus membuka Program Kursus Ta’lim Bahasa Arab di PPA As-Syafi’iyah pada Ahad sore, 5 September 2021. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh santri dari semua jenjang pendidikan ini dilaksanakan di Aula Mini As-Syafi’iyah.

Kegiatan kursus bahasa Arab ini diawali dengan tes tulis bahasa Arab untuk menentukan pembagian kelas selama kursus berlangsung.

Ta’lim bahasa Arab ini merupakan program PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) yang dicanangkan oleh KKN Integratif Posko 46 yang terdiri dari 11 Mahasiswi. Alasan memilih PPA As-Syafi’iyah sebagai lokasi pengabdian karena lembaga bahasa Arab di PPA As-Syafi’iyah sudah lama vakum disebabkan oleh padatnya kegiatan kepesantrenan sehingga tidak berjalan dengan baik. Dengan begitu, sasaran pengabdian yang dilakukan adalah seluruh santri PPA As-Syafi’iyah yang berjumlah 42 santri.

Dalam pembukaan program ini, Ainan Salsabila selaku ketua Posko 46 mengatakan bahwa tujuan diadakannya kursus Ta’lim bahasa Arab ini adalah untuk menyelaraskan kembali pemahaman bahasa Arab santri As-Syafi’iyah agar tidak tertinggal dari santri-santri komplek lain yang program bahasa Arabnya masih berjalan. Ia juga berharap, dengan adanya kegiatan Ta’lim bahasa Arab ini, para santri dapat melatih skill berbicara di depan umum (public speaking) dengan menggunakan bahasa Arab seperti khitabah, puisi, cerita, dlsb.

Ketua Pengurus PPA As-Syafi’iyah, Ustazah Ruki’atul Munawarah merespon dengan positif terhadap kegiatan ini. Beliau juga berharap program bahasa Arab di PPA As-Syafi’iyah bisa berjalan kembali.

“Saya menyambut baik adanya kegiatan Ta’lim bahasa Arab ini, karena secara tidak langsung, adik-adik KKN Posko 46 telah membantu dan menghidupkan kembali program kami yang sementara waktu belum berjalan dengan baik. Semoga ke depannya program bahasa Arab di pondok kami bisa berjalan dengan lancar,” terang beliau setelah dimintai keterangan seusai tes berlangsung.

Sebelumnya, KKN Posko 46 telah melakukan koordinasi dengan pengasuh dan pengurus PPA As-Syafi’iyah untuk bekerja sama dalam program ini. Hasil dari koordinasi menyepakati bahwa selama satu bulan ke depan, beberapa kegiatan kepesantrenan akan dinonaktifkan untuk diisi kegiatan Ta’lim bahasa Arab ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *