Koppontren Annuqayah Hadiri Pelatihan SI-APIK Bank Indonesia

Iqbal Ramadhani, Sekretariat PPA

Annuqayah.ID – Koperasi Pondok Pesantren (Koppontren) Annuqayah menghadiri acara pelatihan Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SI-APIK) yang diadakan oleh Bank Indonesia Jawa Timur selama dua hari, mulai Selasa, 14 Januari 2019 hingga Rabu, 15 Januari 2019 di Tanjung Kodok Beach Resort Lamongan. Hadir mewakili Koperasi Annuqayah dalam kegiatan ini, K Hazmi Basyir selaku ketua Koperasi, dan Bapak Fahmi selaku Sekretaris Koperasi.

Dalam sambutan pembukaan, Gubernur Bank Indonesia, Bapak Difi Ahmad Johansyah menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada koperasi pesantren dalam sistem informasi pengelolaan keuangan, terutama UMKM Syariah yang dikelola.

“Kami berharap melalui aplikasi ini, koperasi pesantren terbantu dalam mengelola laporan keuangannya. UMKM Syari’ah milik pesantren, misalnya, bisa gunakan aplikasi ini. Aplikasi ini cukup mudah digunakan, tak perlu menguasi ilmu dasar akuntansi. Siapapun bisa menggunakannya, apalagi aplikasi ini sudah berbasis android, jadi bisa dikerjakan melalu HP,” ujarnya.

Suasana pelatihan SI-APIK Bank Indonesia Jawa Timur

Terpisah, sekretaris Koperasi Annuqayah menyampaikan apresiasinya dalam kegiatan ini. Menurut beliau, pelatihan semacam ini harus intens dilakukan guna memberikan kemudahan kepada koperasi pesantren dalam pengelolaan laporan keungan.

“Ya… sampai saat ini banyak koperasi pesantren masih menggunakan sistem yang sangat manual. Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini melalui Bank Indonesia, tadi sudah saya lihat, aplikasinya mudah digunakan, Cuma, ya, harus dipelajari juga, sih,” ungkapnya saat ditemui disela kegiatan.

Kegiatan pelatihan hanya diikuti oleh beberapa pesantren yang tergabung dalam Koperasi Sarekat Bisnis Pesantren (KSBP) se-Jawa Timur. Antara lain: PP Gontor Ponorogo, PP Tebuireng Jombang, PP Abhrul Ulum Tambak Beras, PP Langitan Tuban, PP Lirboyo Kediri, PP Annuqayah Sumenep, PP Al-Amin Prenduan, PP Sidogiri Pasuruan, PP Zainul Hasan Genggong, PP Nurul Jadid Paiton, PP Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, PP An-Nur 1 Malang, PP An-Nur 2 Malang, PP Alfitrah Surabaya, PP Miftachus Sunnah Surabaya, PP Qomaruddin Gresik dan PP Sunan Drajat Lamongan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *