Lajnah Falakiyah PP. Annuqayah Lakukan Rukyatul Hilal

Moh. Hamdan, Sekretariat PPA

Annuqayah.ID_Pengurus Lajnah Falakiyah PP. Annuqayah (LFA) Guluk-Guluk Sumenep kembali mengadakan kegiatan rutin tahunan yaitu Rukyatul Hilal Awal Ramadan 1441 H. pada hari Kamis (23/4). Acara ini dilaksanakan di desa Sana Dajah, kecamatan Pasean, Pamekasan .

Kegitan rukyatul hilal tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, para perukyat dibatasi hanya 10 orang. Hal ini berdasarkan protokol dari pemerintah untuk tidak berkumpul dengan massa yang banyak.

Alat-alat yang digunakan oleh pengurus LFA sebagai pendukung proses rukyatul hilal antara lain Teleskop Handmade, Teleskop Optical Glass, Metal Tube, Tripod, Kompas, dan Mizwala.

Selain itu, protokol kesehatan dalam pelaksanaan rukyatul hilal juga diterapkan. Semua perukyat menggunakan masker dani mencuci tangan sebelum melaksanakan rukyatul hilal.

Pada jam 16:00 WIB. semua pengurus LFA mendaki gunung dengan ketinggian 1500 kaki dari permukaan laut. Setelah hampir setengah jam menyusuri gunung yang terjal, semua pengurus akhirnya bisa sampai di puncak gunung. Setelah itu diteruskan pada penataan teleskop handmade untuk merukyat dan berlanjut pada rukyatnya.

Setelah proses rukyat berjalan sekitar 10 menit, hilal tidak dapat dilihat disebabkan mendung. Titik kordinat lokasi rukyat berada -6° 56’ 36.41” LS, 113° 35’ 14” BT, dan Elevasi 230 m., dengan ketinggian hilal mar’i 4° 29’ 11.18” pada waktu terbenamnya matahari pukul 17:20 WIB.

Lukmanul Hakim selaku penjab Rukyatul Hilal LFA memberikan komentar terhadap kegiatan rukyat ini.

“Sebenarnya rencana awal rukyatul Hilal LFA tahun ini diletakkan di Pantai Taneros Ambunten Sumenep. Akan tetapi, karena di sana ditempati rukyatul hilal oleh Badan Hisab Rukyat (BHR) Kemenag Sumenep yang bekerjasama dengan LF PCNU Sumenep dan dengan undangan yang terbatas, maka rukyatul hilal Ramadan LFA ditempatkan di desa Sana Daja Pasean Pamekasan. Tujuannya adalah melestarikan kegiatan rutin tahunan, menjaga kekompakan antar pengurus, dan bagaimana cara kita bisa melihat hilal Ramadan. Walaupun hasilnya nihil. Tapi tidak apa-apa yang penting sudah berusaha dengan sekuat tenaga,” ucap pengurus Bidang Pendidikan dan Pengajaran (BPP) LFA itu.

Di lain waktu, Ketua LFA, saudara Hamdan, S.Pd. mengikuti kegiatan rukyatul hilal Ramadan yang di prakarsai oleh BHR Kemenag Sumenep dan LF PCNU Sumenep. Dia juga melakukan rukyatul hilal sebagaimana mestinya. Hamdan selaku delegasi LFA bersama dengan Ketua Pusat Kajian Falakiyah INSTIKA (Puskafa), saudara Husnul Falah. Mereka berdua ditemani oleh Ustaz Ahmad Faidal, M.H.I., pengurus BHR Kemenag Sumenep yang sekaligus dewan konsultan LFA, Bapak Muhammad Husein, ketua LF PCNU Sumenep, dan K. Abd. Shabar, Pakar Falak Sumenep.

Setelah proses selesai, rukyatul hilal di pantai Taneros juga tidak bisa melihat hilal disebabkan cuaca yang kurang bersahabat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *