LBM Putri Realisasikan Musyawarah Kubra Perdana si Periode Tahun Ini

R Ayu Kamiliya Zahra dan Mukhlishotus Soimah, Sekretariat-PPA

Annuqayah.ID – Jumat, 24 Desember 2021 lalu Pengurus Lajnah Bahtsul Masail (LBM) Putri Pondok Pesantren Annuqayah menyelenggarakan salah satu program khususnya berupa Musyawarah Kubra (MusyKu) perdana pada periode 2021-2022.

Acara ini diselenggarakan di Musala PPA Al-Furqaan Putri Sawajarin yang dihadiri oleh delegasi setap pesantren daerah putri di Annuqayah yang masing-masing daerah mendelegasikan lima orang peserta. Namun, masih ada beberapa pesantren daerah yang belum bisa mengutus delegasi disebabkan ada kegiatan lain. Walau begitu, kegiatan ini tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Suasana Musyawarah Kubra LBM Putri Pondok Pesantren Annuqayah (24/12)

Musyawarah Kubra didominasi oleh qari’ah sebagai pembaca kitab beserta maknanya, bahitsah sebagai orang yang membahas bab yang di baca qari’ah, mushahhih selaku dewan yang meluruskan atau memperbaiki cara baca kitab ketika musyawarah dilangsungkan, serta moderator yang mengatur jalannya acara pada saat itu. Qari’ah dan bahitsah dijadwal pada Jumat lalu, diemban oleh santriwati Sawajarin sendiri.

Delegasi dari setiap komplek mengikuti kegiatan tersebut dengan khidmat dan aktif dalam mengajukan pertanyaan yang dibuka oleh moderator, tak lain adalah pengurus LBM sendiri.
Selanjutnya, dari beberapa pertanyaan dan jawaban dalam forum tersebut ditashih oleh mushahhih pada hari itu, yaitu KH Musthafa Erfan, Lc., anggota dewan pengasuh PPA Latee II.

Dengan adanya Musyawarah Kubra ini dapat melatih keaktifan santri Annuqayah Putri dalam forum musyawarah. Selain itu, kecekatan santri dalam menjawab pertanyaan dalam kitab terlihat dalam forum tersebut. Dengan mengikuti Musyawarah Kubra tersebut ini pula, santri juga dapat mengetahui hukum-hukum dari permasalahan-permasalahan baru yang terjadi dalam kehidupan sehari hari.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *