LPDB Kunjungi Koppontren Annuqayah

Lukmanul Hakim, Sekretariat-PPA

Annuqayah.ID – Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) yang berada di bawah naungan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia berkunjung ke Koperasi Pondok Pesantren (Koppontren) Annuqayah Guluk-Guluk, Jumat (4/6/2021). Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Direktur LPDB-KUMKM, Supomo dan diterima oleh pengawas dan pengurus Koppontren Annuqayah, serta pengurus Unit Jasa Keuangan Syariah (UJKS) Annuqayah di Sekretariat Pondok Pesantren Annuqayah.

Supomo selaku Direktur LPDB-KUMKM mengatakan, tujuan kedatangannya bersama pejabat LPDB-KUMKM lainnya adalah untuk silaturahmi sekaligus dengar pendapat dari pengurus Koppontren Annuqayah.

“Sebenarnya tujuan kami ke sini untuk silaturahmi sekaligus dengar pendapat tentang apa saja yang bisa kami dukung dalam pengembangan Koppontren Annuqayah. Mengingat tugas kami yaitu melaksanakan pengelolaan dana bergulir untuk pembiayaan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (KUMKM) antara lain berupa pinjaman dan bentuk pembiayaan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan KUMKM. Di mana ketentuan mengenai kriteria KUMKM ditetapkan oleh LPDB-KUMKM,” ujarnya.

Suasana kunjungan LPDB saat berkunjung ke Koppontren Annuqayah (4/6).

Lebih lanjut, ia mengaku siap membantu Koppontren Annuqayah, baik dari sisi pembiayaan maupun dalam hal pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) pengelolanya.

“Kami nanti siap untuk mengawal serta memfasilitasi tentang pemberdayaan perekonomian ini. Dimulai dari memberikan pembiayaan, mengadakan pelatihan berupa manajamen pengelolaan, menguatkan SDM, pelatihan tentang marketing, solusi untuk mencari modal awal dalam suatu lembaga, dan lainnya,” ujarnya.

Ia berharap agar apa yang akan dilakukan nanti bisa memberikan banyak manfaat untuk pengembangan ekonomi pesantren ke depannya.

“Semoga apa yang kami lakukan nanti ada sumbangsih besar terhadap pengembangan perekonomian pesantren ke depan, mengingat juga karena pesantren mempunyai potensi untuk melakukan pemberdayaan umat terutama dalam bidang ekonomi.”

Dalam kesempatan tersebut, KH Moh Naqib Hasan selaku Ketua Pengawas Koppontren Annuqayah mengatakan, Pondok Pesantren Annuqayah memang senantiasa berkomitmen untuk memberdayakan ekonomi masyarakat.

“Kami memang mempunyai keinginan untuk terus mengembangkan perekonomian pesantren ini. Dari hal itu, berkat bantuan dari menteri koperasi, Pondok Pesantren Annuqayah pada tahun 1992 mendirikan Koppontren Annuqayah sebagai upaya untuk kemandirian pesantren, masyarakat, santri, dan alumni yang pada praktiknya menyesuaikan dengan kultur dan budaya yang ada di masyarakat sekitar,” ujar pengasuh muda yang juga Ketua Pengurus Pondok Pesantren Annuqayah itu.

Terkait unit usaha yang telah dikembangkan dan diberdayakan oleh Koppontren Annuqayah hingga saat ini adalah Unit Jasa Keuangan Syariah (UJKS) yang berdiri pada tahun 2015 dan Air Minum dalam Kemasan (AMDK) merk Suci.

“Nah, unit tersebut di atas sebagai upaya untuk memberikan sumbangsih besar terhadap perkembangan perekonomian pesantren ke depannya,” dawuhnya.

Lebih dari itu, beliau juga mengutarakan harapan dari adanya kunjungan LPDB-KUMKM ini.

“Harapan dari kami setelah adanya acara ini yaitu ingin koperasi menjadi pioner jasa keuangan pesantren, pengurus Koppontren Annuqayah bisa memanajemen dengan baik, para alumni bisa terus memberikan dorongan bantuan atau modal, serta adanya tindak lanjut tentang pelatihan pengelolaan keuangan syariah,” tuturnya menambahkan.

Terakhir, ia menyampaikan terimakasih atas kunjungan LPDB-KUMKM ke Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk.

“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada pihak LPDB yang telah meluangkan waktunya untuk berkunjung ke Annuqayah dan memberikan beberapa arahan terkait kemajuan perekonomian pesantren,” pungkas beliau.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *