Masuk Awal Musim Hujan, Ponkestren Annuqayah Jalankan Program Fogging

Partomo, Sekretariat-PPA

Annuqayah.ID – Pondok Kesehatan Pesantren (Ponkestren) Annuqayah bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Guluk-Guluk melakukan pengasapan (fogging) di pesantren daerah Annuqayah pada hari ini Kamis, 26 November 2020.

Kegiatan pengasapan ini akan dilaksanakan secara bertahap. Untuk hari ini, pesantren daerah yang telah selesai dilakukan pengasapan adalah PPA Lubangsa, PPA Lubangsa Selatan Putra dan Putri, PPA Kusuma Bangsa, PPA Al-Idrisy, PPA Latee II dan PPA As-Syafi’ieyah.

Sedangkan pesantren daerah yang belum selesai dilakukan pengasapan akan dilaksanakan pada tahap selanjutnya.

“Insya Allah tahap selanjutnya akan dilaksanakan Sabtu datang,” ucap Ilyasi, selaku Direktur Ponkestren Annuqayah.

Petugas saat melakukan pengasapan di pesantren daerah Annuqayah

Manfaat pengasapan ini adalah untuk menetralisir kemungkinan adanya penyakit Demam Berdarah yang disebabkan oleh nyamuk malaria dan sejenisnya. Pengasapan ini diklaim dapat membasmi nyamuk dan jenis serangga lainnya.

“Ketika dilakukan fongging, nyamuknya akan mati. Termasuk juga kecoa dan serangga lainnya,” ucap Bapak Nurul Imam, salah satu petugas pengasapan.

Beliau menambahkan pengasapan ini akan bekerja paling lambat lima belas menit. Ruangan yang dilakukan pengasapan harus ditutup segera agar pengasapan bekerja dengan baik.

Fogging ini normalnya dilakukan setiap awal musim. Dua kali selama satu tahun. Agar bekerja dengan maksimal, ruangan harus ditutup setelah dilakukan pengasapan,” tambah bapak asal Kotabang Laok tersebut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *