MDK Laksanakan Kegiatan Pemantapan Kitabiyah

Ramlah, Latee 1

Kamis, 28 November 2019, pengurus Markaz Dirasah Kutubiyah (MDK) melaksanakan kajian kaidah nahwiyah yang dibimbing oleh K. Ainul Haq, menantu KH. Abd. Basith Abdullah Sajjad.  Bertempat di teras dalem beliau, kajian ini menggunakan kitab Nahwu cetakan Lirboyo dengan metode rais, yaitu murid mengulang pelajaran dengan cara menerangkan sebagaimana guru menjelaskannya sebelumnya.

Kesokan harinya, Jumat, 29 November 2019, kegiatan dilanjutkan dengan setoran Tashrif. Dalam hal ini, Kiai Inung, sapaan akrab beliau, menggunakan sistem munaqasyah. Beliau tidak hanya menyimak materi hafalan yang disetorkan peserta, melainkan juga pemahaman terhadap materi yang dihafalkan.

Kegiatan MDK juga didukung oleh kegiatan mingguan, yaitu ajian kitab Sullam at-Taufiq. Pembimbingnya adalah Ustadz Zaini Mudarris. Rutinitas kegiatan ini dilaksanakan tiap hari Rabu pagi.

Isti’anatul Awaliyah, ketua MDK, menyebutkan bahwa titik tekan kegiatan MDK  lebih pada pengajaran istikamah, semangat, dan pencapian paket belajar dan mengajarkan.

“Jadi, tetap merujuk kepada tujuan Pengasuh Latee 1, KH. Abd. Basith, terkait berdirinya MDK, yakni memperkuat proses belajar-mengajar,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *