Mengisi Momentum Kemerdekaan, PPA As-Syafi’iyah Adakan Seminar Kepenulisan

Afina Fajriana, PPA As-Syafi’iyah

Annuqayah.ID – Komunitas Kepenulisan Kartekah (Karya Toles Kancah As-Syafi’iyah) Pondok Pesantren Annuqayah As-Syafi’iyah mengadakan Seminar Kepenulisan pada Senin malam (22/08/2021). Seminar tersebut diadakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia. Kegiatan ini dikemas dengan penyajian dan mengangkat tema “Merdeka Berliterasi; Memperkuat Pondasi Keilmuan Negeri.” Acara yang dipusatkan di aula mini Pondok Pesantren Annuqayah As-Syafi’iyah itu dihadiri oleh seluruh santri serta mendatangkan Nyai Hana Al-Ithriyah sebagai penyaji.

Uswatun Hasanah selaku Ketua Panitia sekaligus Ketua Komunitas Kepenulisan Kartekah dalam sambutannya menyampaikan beberapa tujuan acara ini dilaksanakan.

“Tujuan diselenggarkannya seminar kepenulisan ini tidak lain adalah untuk memotivasi para santri dalam mengembangkan literasi. Selain itu, kami berharap bisa menumbuhkan minat menulis sekaligus mengasah potensi menulis dari masing-masing santri,” paparnya.

Penyampaian materi kepenulisan fiksi oleh penyaji, Nyai Hana Al-Ithriyah kepada seluruh santri PPA As-Syafi’iyah (22/08).

Selain itu, Pembina Komunitas Kartekah, Moh Ali Qarrar Al Khasy juga mendukung penuh dengan adanya kegiatan seminar tersebut, karena forum tersebut merupakan forum seminar perdana yang baru direalisasikan oleh Komunitas Kepenulisan KARTEKAH sejak satu tahun berdirinya.

“Saya mengapresiasi dengan adanya seminar ini. Pasalnya, ini menjadi bekal bagi santri untuk terus berkarya. Saya juga berharap agar tahun-tahun berikutnya, acara seperti ini tetap dilestarikan,” tuturnya.

Materi yang diulas pada acara ini adalah materi seputar kepenulisan yang difokuskan pada tulisan yang bersifat fiksi seperti cerpen dan puisi. Selain itu, didukung dengan penyampaian penyaji yang menarik,  membuat para santri tampak sangat antusias mengikuti forum penyajian tersebut.

“Saya sangat menyambut baik adanya kegiatan seminar ini, karena dapat menambah motivasi saya dan teman-teman untuk terus berkarya sekaligus menambah wawasan saya terkait tata cara menulis cerpen dan sajak dengan baik,” ucap Mukhlishotus Soimah, salah satu anggota Kartekah.

Selain penyajian, acara tersebut juga menjadi malam dinobatkannya penulis cerpen terbaik. Dimana sebelumnya, Komunitas Kartekah mengadakan lomba menulis cerpen bertemakan Kemerdekaan dengan memilih penyaji sendiri sebagai pengoreksi. Diakhir acara, sederetan penampilan dari teman-teman Kartekah menjadi penutup dalam acara tersebut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *