MOSBA MTs 1 Putri Annuqayah, Bekal Beradaptasi dengan Madrasah

Ainul Fikri, MTs 1 Putri Annuqayah

Annuqayah.ID – Setiap memasuki tahun ajaran baru, orang tua berbondong-bondong mendaftarkan anaknya ke madrasah dengan harapan putra atau putrinya dididik menjadi anak yang berguna bagi masyarakat dan bangsa. Awal masuk madrasah, siswa atau siswi dibekali dengan Masa Orientasi Siswa Baru (MOSBA).

Berkenaan dengan itu, sebanyak 320 siswi baru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) 1 Putri Annuqayah mengikuti serangkaian acara MOSBA tahun pelajaran 2021-2022. Acara ini dilaksanakan oleh pengurus DPS-OSIS MTs 1 Putri Annuqayah atas arahan Pembina DPS-OSIS Bapak Muhli Junaidi. Acara ini berlangsung sejak Sabtu-Selasa (10-13/07/2021) yang bertempat di Aula Mini MTs 1 Putri Annuqayah.

Kegiatan MOSBA yang bertajuk “Siswi Milenial Selalu Berkreasi di Tengah Pandemi” ini dikemas dengan beberapa penyajian seputar pengenalan madrasah, keorganisasian, kepesantrenan, dan sosialisasi tata tertib MTs 1 Putri Annuqayah. Sedangkan jargon dari kegiatan ini yaitu “Beradab, Berkreasi, dan Berilmu.”

Hari pertama diisi dengan apel pagi, pengelompokan, pengenalan mars Annuqayah, hymne madrasah, yel-yel MTs 1 Putri Annuqayah, dan beberapa lagu MOSBA. Sedangkan kegiatan hari-hari berikutnya adalah penyajian beberapa materi penting yang wajib diketahui oleh para siswi baru. Sebelum penyajian dimulai, dilakukan apel pagi, senam kebugaran, melantunkan mars, menyanyikan hymne, dan permainan tebak-tebakan. Hal ini dilakukan setiap hari sambil menunggu waktu penyajian dimulai.

Untuk hari kedua, dilaksanakanlah penyajian materi kemadrasahan yang disampaikan oleh Kepala MTs 1 Putri Annuqayah, Nyai Hj Ulfatul Hasna’. Di dalam penyajiannya, beliau menyampaikan dengan jelas dan lugas tentang latar belakang madrasah, sejarah awal berdiri sampai struktur pimpinan madrasah disampaikan pada materi tersebut.

Para peserta MOSBA 2021 MTs 1 Putri Annuqayah saat melakukan senam kebugaran sebelum acara penyajian dilaksanakan (11/07).

Di hari ketiga, yaitu penyajian materi keorganisasian yang difasilitatori oleh Bapak Annas selaku Waka Humas MTs 1 Putri Annuqayah. Dalam penyajian tersebut, beliau menyampaikan kepada para peserta akan pentingnya kesadaran berorganisasi dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan pada hari terakhir, ada dua penyajian sekaligus yaitu tentang kepesantrenan dan Tata Tertib siswa. Untuk materi kepesantrenan disampaikan oleh K Ahmad Irfan selaku Kepala MTs 3 Annuqayah. Beliau memperkenalkan seputar sejarah singkat dan perkembangan Pondok Pesantren Annuqayah dari masa kemasa. Tak lupa pula, beliau menyelipkan pembahasan tentang nama-nama pesantren daerah beserta para pengasuhnya. Sedangkan sosialisasi tata tertib MTs 1 Putri Annuqayah disampaikan oleh Bapak Muhli Junaidi.

Saat penyajian berlangsung, para peserta MOSBA diwajibkan menulis resume tentang materi yang disampaikan oleh penyaji dan disetor kepada panitia saat penyajian usai untuk kemudian akan dinilai oleh panitia MOSBA. Dari penilaian itu, panitia MOSBA akan memiliki acuan dalam rangka memberikan reward kepada satu peserta terbaik. Juga aspek keaktifan dalam mengikuti serangkaian acara MOSBA menjadi penentu peserta terbaik dalam MOSBA tahun ini. Acara diakhiri dengan sungkem antara para peserta dengan panitia MOSBA 2021.

Sementara itu, Bapak Muhli Junaidi selaku Pembina DPS-OSIS MTs 1 Putri Annuqayah memberikan beberapa keterangan terkait acara MOSBA ini dilaksanakan.

“Tujuan dari pelaksanaan MOSBA ini yaitu agar para siswa baru dapat mengenal eksistensi dari madrasah itu sendiri. Mulai dari mengenal lingkungan madrasah, sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di madrasah itu. Intinya mengenal madrasah secara komprehensif. Di samping itu, para siswa baru dapat beradaptasi dengan madrasah,” tuturnya.

Beliau juga mengatakan dengan adanya MOSBA ini diharapkan agar para siswa baru menjadi betah serta kerasan di madrasah.

“Harapan dari kami terkait kegiatan ini yaitu para siswa baru bisa betah dan kerasan di madrasah, penuh gembira dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM), semangat belajar semakin meningkat, disiplin dalam KBM, memiliki sikap sopan dan santun terhadap guru, dan tidak membuat kegaduhan dalam kelas,” pungkas beliau.

1 komentar untuk “MOSBA MTs 1 Putri Annuqayah, Bekal Beradaptasi dengan Madrasah”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *