Orientasi Sanggar Sareang, Penyaji: Seni Itu Indah

Nihalun Nada, MA 1 Annuqayah Putri

Annuqayah.ID – Pengurus Sanggar Sareang Madrasah Aliyah (MA) 1 Annuqayah Putri Periode 2021-2022 melaksanakan kegiatan rutin tahunan yaitu Orientasi Calon Anggota Baru Sanggar Sareang (Orcabasangsa) pada Selasa (31/08/2021). Acara ini dihadiri oleh Kepala Madrasah Aliyah 1 Annuqayah Putri dan Waka Kurikulum. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan orientasi ini sebanyak 21 orang. Acara ini juga dikemas dengan penyajian yang diisi oleh Mahendra Cipta. Sedangkan tema yang diangkat yaitu “Urgensi Seni untuk Rohani Manusia.”

Dalam pemaparannya, beliau mengawalinya dengan membahas tentang pentingnya mengetahui seluk beluk tentang seni.

“Untuk menjadi orang kreatif dalam hidup kita butuh dua opsi. Pertama, gelisah. Kedua, gila. Keduanya itu berarti setiap orang pasti merasakan gelisah dan gila karena dorongan permasalahan hidup. Membangun kegilaan itu penting karena dengan gila kita akan merasakan luasnya dunia dan ketika kita gelisah, suara kesenian akan menjadi suara gelisah dari rakyat Indonesia sekarang. Setiap manusia butuh akan seni baik itu seni hidup atau pun seni berdiri sendiri (mandiri). Belajar dan mengajarkan seni itu indah,” ujarnya.

Sastrawan asal Batuan Sumenep itu juga memaparkan fungsi seni dalam dunia pendidikan.

“Fungsi seni dalam dunia pendidikan memang berperan dalam menunjang lancarnya proses belajar mengajar. Dalam konteks ini, karya seni sebagai mediator penyampaian pesan dalam proses belajar. Berbagai metode dalam proses belajar mengajar  mulai dari metode verbal maupun non verbal. Seni visual atau seni rupa dapat pula diterapkan dalam pendidikan. Ketika pesan verbal itu, perlu sarana pendukung dalam bentuk visual, maka dapat dihadirkan dalam bentuk gambar, lukisan, ilustrasi, atau pun poster. Seni visual mungkin lebih efektif dalam penyampaian gagasan, idea tau cerita dengan ditunjang olah verbal. Dengan demikian, jelaslah seni dapat sebagai penunjang dalam dunia pendidikan,” jelasnya.

Calon anggota baru Sanggar Sareang ketika mengikuti serangkaian kegiatan Orcabasangsa (31/08).

Beliau juga mengulas tentang manfaat seni bagi individu atau perorangan dalam menjalani kehidupan ini.

“Manfaat belajar seni untuk individu atau perorangan adalah memenuhi kebutuhan emosional. Mempelajari seni dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi penciptanya dan juga penikmatnya. Menjadi lebih apresiasif dan melatih diri untuk merasakan emosional merupakan manfaat yang dapat dirasakan dari belejar seni. Sebagai contohnya seseorang yang sedang sedih dapat menghibur dirinya dengan melihat keindahan lukisan. Berbagai cara lain dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan emosional ini. Emosi tidak hanya terbatas pada kegembiraan saja tapi meliputi emosi lainnya seperti kesedihan, kegelisahan, kemarahan, ketakutan, dan lain-lain. Selain untuk mendapatkan emosi, mempelajari seni juga dapat memberikan kekuatan untuk mengekspresikan emosi tersebut. Mencapai kepuasan tersendiri bisa didapatkan dengan mengekspresikan emosi yang dirasakan menjadi sebuah seni seperti lukisan, musik, seni rupa, dan lain-lain,” tuturnya.

Safna Anjalina Zulfa selaku Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MA 1 Annuqayah Putri mengapresiasi dengan diadakannya kegiatan orientasi ini.

“Saya sangat mengapresiasi acara ini dan semoga dengan adanya acara ini dapat memberikan wawasan bagi anggota baru Sanggar Sareang sehingga mereka lebih dalam lagi untuk mencintai dunia seni,” harapnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *