Panitia Nubzdatul Bayan Kembali Adakan Ujian Kenaikan Tingkat

Deva Wisnu Widodo, Lubangsa Selatan

PPA Lubangsa selatan mengadakan ujian kenaikan tingkat Nubzdatul Bayan, Sabtu (30/11/2019). Dalam hal ini panitia mengundang Ustad Khariji, salah seorang ustad di pondok pesantren Al-Majidiyah Palduding, untuk menguji para peserta. Dalam ujian kali ini ada dua orang dari juz dua dan lima orang dari juz satu. Mereka adalah peserta yang telah khatam pada minggu ini dan yang tidak lulus pada ujian sebelumnya.

Tujuan diadakan ujian adalah selain untuk mengetahui perkembangan peserta, juga sebagai pembelajaran bagi ustaz-ustaz yang mengajar Nubzdatul Bayan bagaimana cara melakukan demonstrasi bagi peserta Nubzdatul Bayan.

Khusus untuk juz dua peserta ditanyakan materi juz satu dan juz dua. Setelah melewati tes lisan, peserta yang lulus, untuk selanjutnya, mengikuti ujian tulis. Peserta yang lulus dua ujian ini kemudian akan naik ke juz selanjutnya, sedangkan bagi yang tidak lulus akan mengikuti ujian berikutnya.

“Program Nubzdatul Bayan sebenarnya telah dimulai tahun kemarin, namun masih kurang maksimal. Hal ini merupakan himmah dari Kiai Halimi Ishom. Baru pada liburan ramadan kemarin kiai meminta beberapa santri yang dianggap mampu untuk mengikuti diklat metode mengajar Nubzdatul Bayan. Program ini merupakan metode akselerasi kitab kuning untuk santri kecil yang diadopsi dari pondok pesantren Al-Majidiyah Palduding,” ucap ustad Ubaidurrahman Al-Hakim selaku ketua Nubzdatul Bayan.

Menurut penuturan ustaz Ubaidurrahman Al-Hakim, peserta Nubdzatul Bayan dibebaskan dari kegiatan madrasah diniyah dan dikumpulkan dalam satu kamar khusus guna memaksimalkan kegiatan Nubzdatul Bayan. Peserta merupakan santri baru yang telah melalui tes sebelumnya. Diharapkan dari program ini akan lahir para santri yang mumpuni dalam memahami teks arab, khususnya Al-Quran.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *