Pembukaan dan Penyerahan KKN Lubangsa Putri, Pengasuh: Jadilah Figur yang Baik

Umdatul Khairot, PPA Lubangsa Putri

Annuqayah.ID – Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integratif 2021 Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) yang ditugaskan di PPA Lubangsa Putri adakan Pembukaan dan Penyerahan KKN Integratif 2021 secara simbolik pada Kamis malam (2/9/2021) yang bertempat di halaman PPA Lubangsa Putri. Acara ini dihadiri oleh pengasuh PPA Lubangsa Putri selaku tuan rumah, pimpinan INSTIKA, dan dosen pembimbing lapangan (DPL) dari seluruh posko KKN PPA Lubangsa Putri.

Secara simbolik, pembukaan dan penyerahan ini dilakukan dengan pemotongan pita bersama oleh empat undangan putri yang meliputi pengasuh dan DPL putri. Acara dilakukan bertujuan untuk secara sah membuka kegiatan KKN Integratif 2021 selama satu bulan ke depan dan agar para santri PPA Lubangsa Putri sebagai rekan selama pelaksanaan kegiatan sama-sama mengetahui bahwa program KKN integratif sudah dimulai.

Zakiyatul Miskiyah selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa KKN Integratif hadir di Lubangsa Putri sebagai wadah untuk memberikan pendampingan kepada seluruh santri.

“KKN tahun ini, khusus santri Annuqayah tetap dilaksanakan di pesantren Annuqayah sesuai daerah masing-masing. Ini bukan hanya kuliah kerja nyata, akan tetapi juga kuliah kerja nyantri. Pasalnya, ke depan kami akan menjalankan program yang merupakan pendampingan kepada santri dalam kegiatan sehari-harinya,” ucapnya.

DPL KKN Integratif 2021 PPA Lubangsa Putri, pimpinan INSTIKA pada acara Pembukaan dan Penyerahan KKN Integratif 2021 di PPA Lubangsa Putri

Di kesempatan yang sama, Dr H Damanhuri, M.Ag selaku Wakil Rektor I INSTIKA berharap agar kegiatan KKN ini dapat memberikan manfaat kepada seluruh santri.

“Semoga kegiatan KKN ini bisa memberikan manfaat dan nilai yang maksimal kepada seluruh santri Lubangsa Putri. Juga target KKN tahun ini adalah berupa artikel jurnal ilmiah, HKI, dan pengabdian kepada masyarakat. Tentu untuk mencapai semua itu, DPL harus memahami model KKN Integratif serta sungguh-sungguh dalam membimbing mahasiswa,” harap beliau dalam sambutannya.

Sementara itu, KH Mohammad Hosnan, M.Pd selaku Wakil Rektor II INSTIA juga berharap agar program KKN Integratif di PPA Lubangsa Putri memiliki pembaharuan yang dapat memberikan sumbangsih besar kepada santri.

“Kita butuh yang namanya novelty (pembaharuan). Pembaharuan dalam artian dari program yang ada memiliki karakteristik yang berbeda dari posko-posko yang lain. Di samping itu, model KKN Integratif ini juga merupakan model baru yang mengintegrasikan antara kegiatan riset dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya.

Faizatin, M.Pd. selaku Ketua Pengurus  Pondok Pesantren Annuqayah Lubangsa Putri menerima peserta KKN Integratif ini dengan rasa bahagia.

“Kami menerima peserta KKN Integratif ini dengan rasa bahagia dan bangga. Pasalnya, peserta KKN dapat membantu memaksimalkan program kerja pesantren yang juga nantinya diintegrasikan dengan program KKN Integratif selama satu bulan ke depan,” pungkasnya.

Pada Kamis sore, sebelum seremonial pembukaan dan penyerahan KKN di PPA Lubangsa Putri, pengurus PPA Lubangsa Putri menggelar penyambutan peserta KKN Integratif. Acara ini diadakan sebagai bentuk dukungan dan apresiatif dari pihak pesantren lebih-lebih dari Pengasuh PPA Lubangsa Putri sendiri, Nyai Shafiyah A. Win atas terselenggaranya KKN di pondok. Penyambutan ini membuat para peserta KKN lebih siap dan menerima dengan lapang dada kegiatan KKN tahun ini. Beliau juga banyak berharap kepada peserta KKN Integratif.

“KKN yang diselenggarakan di pesantren ini membuat kami lebih nyata untuk melihat kerja kalian. Kami mengharap kepada seluruh peserta KKN tahun ini untuk dapat menjadi figur yang dapat ditiru oleh santri-santri lainnya. Jaga kekuatan solidaritas dan kesehatan kalian, agar serunya KKN meski di lingkungan pesantren tetap akan didapat,” harapnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *