Pembukaan KKN Integratif Posko 49, Ketua Posko: Semoga Bisa Konsisten

Zakiya Fitrotin Maulida, PPA Nurul Hikmah

Annuqayah.ID – Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integratif Posko 49 mengadakan kegiatan pembukaan aktivitas yang dilaksanakan pada Jumat (03/09/2021) bertempat di Madaris 3 Annuqayah. Acara yang juga dikemas dengan sosialisasi program kerja oleh peserta KKN Integratif Posko 49 ini dihadiri oleh ketua pengurus, pengurus divisi kebersihan, ketua Komunitas Peduli Lingkungan, dan ketua kamar dari masing-masing Pondok Pesantren Annuqayah Karang Jati, Nurul Hikmah, dan Al-Furqan Putri.

Siti Qomariyah selaku Ketua Posko 49 mengatakan dalam sambutannya terkait program umum yang akan dijalankan selama satu bulan ke depan.

“Program KKN Integratif 2021 posko 49 kali ini mempunyai dua bentuk kegiatan. Pertama, kegiatan riset atau penelitian dengan judul laporan ‘Analisis Persepsi dan Pola Perilaku Santri Terhadap Pengelolaan Sampah di Pondok Pesantren Annuqayah Daerah Sabajarin.’ Kegiatan riset ini akan diawali dengan wawancara kepada santri. Kemudian peserta KKN akan melakukan observasi kesetiap pondok pesantren di daerah Sabajarin. Kedua, kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul ‘Pendampingan Pengelolaan Sampah di Pondok Pesantren Annuqayah Karang Jati dan Nurul Hikmah.’ Rencana pengabdian ini fokus untuk melakukan pemilahan sampah, mengurangi pemakaian barang yang akhirnya menjadi sampah, dan daur ulang sampah,” tuturnya mengawali sambutan.

Beliau juga menyampaikan bahwa Pembukaan KKN Integratif ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkenalkan semua anggota KKN Integratif Posko 49 kepada semua santri sekaligus permohonan kerjasama dan sosialisasi program yang akan dilaksanakan selama satu bulan ke depan.

“Kami memohon kerja sama kepada teman-teman santri untuk ikut berpartisipasi demi kelancaran program KKN ini dan semoga seluruh perserta KKN Integratif Posko 49 bisa konsisten dalam menjalankan program kerja,” pungkasnya.

Selanjutnya, presentasi program kerja yang disampaikan oleh Nafhatul Ummah serta dilanjut oleh peserta KKN Integratif Posko 49 yang mengajak santri berdiskusi atau sharing mengenai pengendalian sampah di daerah pondok masing-masing.

Sementara itu, Imtinanah selaku perwakilan dari pengurus divisi kebersihan di Pondok Pesantren Annuqayah Nurul Hikmah berharap dengan adanya kegiatan KKN Intergratif ini, para santri akan lebih peduli terhadap pengelolaan sampah di lingkungan mereka, terlebih lagi di lingkungan Sabajarin yang sejak awal sudah terkenal dengan pengendalian sampahnya yang sangat baik.

“Dengan aktif mengikuti kegiatan KKN Integratif ini, diharapkan agar menumbuhkan kesadaran santri bahwa pengendalian sampah sangat penting untuk diterapkan. Hal ini bisa menjadi perubahan yang sangat signifikan untuk perkembangan Sabajarin di masa yang akan datang. Dengan ini pula, kita bisa membanggakan Sabajarin dengan semakin terjaga lingkungannya,” ucapnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *