Peringati Muharram, MA 1 Annuqayah Putri Adakan Ceramah Agama, Santunan Anak Yatim dan Santunan Kaum Duafa

Safna Anjalina Zulfa, MA 1 Annuqayah Putri

Annuqayah.ID – Madrasah Aliyah (MA) 1 Annuqayah Putri kembali mengadakan acara rutin tahunan yaitu Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) dalam rangka menyambut tahun baru Islam, Muharram 1443 H pada Senin (23/08/2021). Acara yang dipusatkan di halaman MA 1 Annuqayah Putri tersebut berlangsung khidmat dan dihadiri oleh guru, staf, pimpinan madrasah, dan seluruh siswi MA 1 Annuqayah Putri.

Acara dikemas dengan ceramah agama yang diisi oleh KH Ach Maimun Syamsuddin, santunan anak yatim dan santunan kaum duafa. Sedangkan tema yang diangkat dalam acara  kali ini adalah “مدافعة كيانة اسلام فى نشر الوباء كما يرام” yang artinya mempertahankan eksistensi Islam dalam pandemi yang tak kunjung padam.

KH Ach Maimun Syamsuddin selaku Pengasuh Pondok Pesantren Annuqayah Kusuma mengawali ceramahnya dengan mengulas makna hijrah bagi kaum muslimin.

“Makna hijrah yang sebenarnya adalah keluar dari perkara kafir kepada perkara Islam. Sedangkan sekarang, hijrah diartikan keluar dari perkara buruk kepada perkara baik”, tuturnya.

Pemberian santunan kepada anak yatim dan kaum duafa dalam acara PHBI MA 1 Annuqayah Putri (23/08).

Direktur Pascasarjana Instika Guluk-Guluk itu juga menegaskan bahwa bulan Muharram merupakan awal mula nabi memerintahkan umatnya untuk hijrah ke Madinah secara diam-diam.

“Memang benar nabi hijrah di akhir bulan Safar bersama Abu Bakar As-Shiddiq r.a yang kemudian Ali bin Abi Thalib r.a menyusulnya setelah berpura-pura tidur di atas tempat tidur nabi hingga akhirnya rombongan sampai ke Madinah pada bulan Rabi’ul Awal,” ungkapnya.

Sementara itu, Muthiatul Jamilah selaku Ketua Panitia memberikan keterangan terkait tujuan acara ini dilaksanakan.

“Diangkatnya tema ini bertujuan agar seluruh siswi dapat mempertahankan eksistensi Islam walaupun sedang dalam masa pandemi Covid-19. Sebenarnya, acara ini akan dilaksanakan pada tanggal 1 Muharram kemarin, namun karena adanya beberapa kendala, maka acara ini dilaksanakan pada tanggal 15 Muharram.” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Safna Anjalina Zulfa selaku Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MA 1 Annuqayah Putri mengatakan beberapa harapan acara ini dilaksananakan.

“Harapan diadakannya acara ini adalah memperkuat keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, mengenang dan meneladani semangat perjuangan Nabi Muhammad SAW serta para sahabat dalam memperjuangkan agama Islam,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *