Perpustakaan PPA Lubangsa Putri Meriahkan Perayaan Hari Buku Se-Dunia

Ratna Wulandari, Lubangsa Putri

Dalam rangka menyambut Hari Buku Se-Dunia pada 21 April mendatang, Perpustakaan PPA Lubangsa Putri menggelar kegiatan Meet Me at The Library pada Kamis, 1 April 2021 kemarin. Kegiatan yang dibuka secara seremonial pada jam 8 pagi di serambi Blok D atau yang sering disebut dengan Balai Lubri ini dimaksudkan untuk mendekatkan santri dengan Perpustakaan PPA Lubangsa Putri.

“Di samping memang karena perayaan hari raya buku bertepatan dengan liburan, jadi santri ada di rumah masing-masing dan tidak semua santri akan ikut dan ingat akan itu. juga sebagai pengisi waktu lowong kegiatan teman-teman. Madrasah Diniyah sudah purna, Haflah Akhir Sanah masih berjeda. Jadi kegiatan ini akan cukup membantu keefektifan belajar santri,”  ungkap Ulfatul Maghfiroh, Ketua Perpustakaan PPA Lubangsa Putri.

Beberapa agenda telah disiapkan oleh para cendekiawati Perpustakaan PPA Lubangsa Putri, di antaranya Culas Buku (cerita dan ulas buku), Jelajah Cendekia (nonton video tentang ilmu alam, umum dan budaya), Tabur Buku bagi para pemenang kuis, Kedai Aksara, Celoteh Ria (menulis story di tempat yang telah disediakan), dan dipurnakan dengan nonton film.

Berbagai pengetahuan disalurkan, mulai dari kutipan para tokoh-tokoh, hingga Jelajah Cendekia yang menampilkan video pengetahuan tentang alam sekitar, tentang planet di luar angkasa, perjalanan yang ditayangkan dalam konten Laptop Si Unyil dan beberapa video lain tentang  budaya maknene, tempat-tempat unik di Indonesia dan juga kekayaan Nusantara lainnya.

“Jika tahun sebelumnya kita konsep perayaan hari buku dengan perayaan yang lebih resmi dan beberapa lomba antarkomplek di Annuqayah Putri, tapi tahun ini konsepnya lebih santai dan bersahabat dengan santri, apa lagi dengan membeli kopi teman-teman mendapat fasilitas berfoto meski hanya satu jepretan. Sekarang cafe lagi marak-maraknya dikunjungi oleh muda-mudi. Jadi tak salah jika kita juga coba begitu,” tutur Upha, panggilan akrab Ketua Perpustakaan PPA Lubangsa Putri.

Santri PPA Lubangsa Putri saat mengikuti kegiatan Meet Me at The Library

Meski terdengar remeh, membeli satu gelas kopi yang harganya ekonomis untuk kantong sekelas santri dan gratis foto satu kali di stand foto menjadi medium yang menarik perasaan para santri untuk mengikuti kegiatan ini.

“Jangankan yang memang suka berkunjung ke perpustakaan, yang jarang berkunjung pun juga terlihat aktif mengikuti,” ucap Siti Nafisah Aviana dengan raut penuh kebahagiaan.

Kegiatan ini dipurnai dengan nonton bareng film The Flu yang bertempat di Aula Madrasah Diniyah Baramij At-Tarbiyah Wat Ta’lim. Bakda Isya, ruang yang yang berukuran cukup luas sudah sesak oleh para santri yang siap mengikuti kegiatan.

“Saya merasa perpustakaan lebih berarti dan nyaman. Berbeda dengan acara yang lain. Apalagi menjadi tahun terakhir, saya akan sangat rindu Perpustakaan Lubri yang seperti ini,” ungkap santri yang akrab disapa Neng Nabil ini dengan penuh kebahagiaan saat usai mengikuti kegiatan Meet Me at The Library.

Beberapa santri lain juga mengajukan rekomendasi kegiatan Meet Me at The Library ini dilaksanakan tak hanya sehari saja, juga dapat ditambah harinya dan menyediakan penjualan barang-barang asyik seperti kegiatan ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *