Perpustakaan PPA Lubangsa Selatan Putri Menjadi Distributor Buku

Uzlifatul Laily, Lubangsa Selatan Putri

Selain melayani peminjaman buku, Pengurus Perpustakaan PP Annuqayah Lubangsa Selatan Putri (Lubsel Pi) juga menyediakan buku-buku yang bisa dibeli oleh santri. Bahkan tak jarang juga menerima pesanan buku berdasarkan katalog yang telah disediakan. Buku-buku yang dijajakan di depan kantor Lubsel Pi  ini terdiri dari buku ilmiah dan non ilmiah.

Saat ini, mereka tengah menjadi distributor buku yang berafiliasi langsung dengan agen distributor buku di Surabaya. Sebelum mendistribusikan langsung kepada santri, terlebih dahulu dilakukan penyisiran buku. Buku-buku yang tidak layak dibaca oleh santri, dilarang keras beredar di lingkungan pesantren. Kebijkan ini berasal dari pengurus Kamtib (Keamanan dan Ketertiban) Lubsel-Pi.

Salah satu santri Lubsel-Pi, Siti Aminah, mengaku setuju dengan kebijakan tersebut. Ia menganggap bahwa bahan bacaan santri akan berpengaruh terhadap perilaku keseharian mereka. “Apalagi santri yang gemar membaca buku begituan masih tergolong siswa,” ucapnya. Ketika ditanya mengenai komentar tentang buku-buku yang dijual, ia mengapresiasi. “Tapi, jarang ada buku yang secara khusus berkaitan dengan materi kuliah. Harus mesen,” tambahnya.

Dewan Konsultan Perpustakaan Lubsel-Pi menyatakan bahwa distribusi buku ini diikhtiarkan menjadi wadah bagi santri untuk bisa menyalurkan minat baca mereka. “Kadang perpustakaan tidak menyediakan. Jadi, mau tidak mau ya harus beli. Makanya, kami juga menyediakan pesanan buku,” imbuhnya.

Selanjutnya, menanggapi komentar santri yang menyayangkan ketaktersediaan buku referensi, ia sebenarnya juga merasakan demikian. Namun, karena sulitnya mencari agen distributor buku di tempat lain, sementara sampai sekarang masih buku-buku sejenis nonreferensi yang tersedia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *