Pesantren An-Najah Purwokerto Studi Literasi ke Annuqayah

Muhammad Faiz As & M. Iqbal Ramadhani, Sekretariat PPA

Annuqayah.ID – Ada pemandangan mencolok di sekitar kompleks kampus Instik Annuqayah pada Sabtu pagi kemarin 11 Januari 2020. Sebanyak 3 bus terparkir hingga memenuhi badan jalan menuju kampus. Tiga bus tersebut adalah rombongan santri Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) An-Najah, Purwokerto.

Kedatangan mereka dalam rangka studi banding perihal sastra dan literasi di PP Annuqayah. Sebanyak 90 santri An-Najah putra dan putri yang didampingi oleh lima orang pengurus itu disambut langsung oleh Kepala Biro Kepesantrenan K Ramdhan, Ketua Pelaksana Biro Kepesantrenan K Karim Thaha, Kepala Biro Kebersihan dan Kesehatan Bapak Annasul Khalis dan Ketua Pelaksana Biro Madaris Bapak Khalili Kn.

Mereka terlihat antusias mengikuti acara yang dikemas dalam bentuk diskusi interaktif di Aula As-syarqawi. Acara yang diisi oleh Bapak Asy’ari Khatib dan K Khatibul Umam selaku pemateri berjalan santai penuh keakraban.

Menurut K Khatibul Umam, literasi di Annuqayah terbingkai secara kultural, karena budaya literasi, seperti menulis, telah dipraktikkan para muassis pesantren, seperti K Syarqawi, K Ilyas dan lainnya. “Barangkali yang bisa diambil (dijadikan inspirasi) dari Annuqayah adalah adanya media literasi semisal majalah dan sebagainya,” sarannya kepada para audiens.

Ketua Pelaksana Biro Kepesantrenan PPA. K Karim Thaha, menyampaikan sambutan dalam acara Rihlah Ilmiah

Kepala Tata Usaha PPM An-Najah Bapak Alif Mubarak mengungkapkan bahwa Annuqayah memiliki potensi literasi yang mumpuni. “Karena itu pengasuh kami Dr. H. Moh. Rokib, M.Ag yang kebetulan juga menjabat rektor IAIN Purwokerto merekomendasikan PP Annuqayah sebagai objek studi,” tuturnya kepada Annuqayah.ID.

Dia berharap rihlah ilmiah tersebut dapat menumbuhkan bibit-bibit santri yang tekun di bidang literasi, dan bisa mengimplementasikan pelajaran yang telah diperoleh di PP Annuqayah, semisal pembuatan majalah.

Acara diakhiri tepat pada pukul 10:40 WIB dengan pemberian cenderamata kepada KH Syafi’i Anshari sebagai wakil dari masyayikh Annuqayah. Beberapa majalah kreasi santri Annuqayah, seperti Majalah Infitah milik MA Tahfidh Annuqayah dan Majalah Aurora dari MTs 1 Annuqayah Putri juga diberikan kepada pihak PPM An-Najah sebagai kenang-kenangan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *