PPA Nurul Hikmah Gelar Acara Sharing Pengalaman Menghafal Al-Qur’an

Zakiya Fitrotin Maulida, PPA Nurul Hikmah

Annuqayah.ID – Kamar Tahfidzul Qur’an (KTQ) Pondok Pesantren Annuqayah Nurul Hikmah mengadakan acara Sharing Pengalaman Menghafal Al-Qur’an pada Jum’at (20/08/2021). Acara dikemas dengan penyajian seputar motivasi untuk konsisten menghafal dan mengamalkan isi Al-Qur’an. Terselenggaranya acara ini merupakan saran dari Nyai Fairuzah Tsabit, selaku pendiri dan pembimbing KTQ ketika memperhatikan banyaknya anggota KTQ yang mulai jarang menyetorkan hafalan Al-Qur’an di waktu yang telah ditentukan. Acara yang diikuti oleh seluruh anggota KTQ dan beberapa simpatisan dari luar ini menekankan supaya motivasi teman-teman penghafal Al-Qur’an tidak kendor dan selalu istikamah.

Hadir sebagai motivator yaitu Nyai Syifaun Nida’. Dalam penyampaiannya, beliau mengawali dengan mengajak para santri untuk tetap istikamah dalam menghafalkan Al-Qur’an.

“Ditakdirkan menjadi orang yang istikamah adalah suatu keistimewaan. Selain itu, istikamah merupakan syarat  mutlak ketika seseorang sudah memantapkan hati untuk mulai menghafal Al-Qur’an.” tuturnya.

Pengasuh PPA Karang Jati itu juga menceritakan pengalamannya ketika beliau mampu menghafalkan Al-Qur’an 30 juz.

“Menghafal Al-Qur’an ibaratkan kita menangkap belut, sulit namun jangan pernah dilepas. Alhamdulillah saya diusia yang relatif muda yaitu sekitar 11 tahun, saya telah berhasil menghafalkan Al-Qur’an 30 juz dalam kurun waktu 3 tahun. Oleh karena itu dalam acara wisuda Tahfidz, saya dinobatkan sebagai Hafidzah Termuda Angkatan 2013 disalah satu pondok Tahfidz Kabupaten Sampang,” ucap beliau.

Penyampaian sharing pengalaman menghafal Al-Qur’an oleh Nyai Syifaun Nida’ kepada para angggota KTQ (20/08).

Beliau juga mengisahkan betapa banyak rintangan yang akan ditemui oleh penghafal Al-Qur’an selama dalam proses menghafalkannya.

“Menghafal Al-Qur’an memang sangat mudah dilakukan, akan tapi menjaga dan mengamalkannya adalah kesulitan yang sebenarnya. Setiap penghafal Al-Qur’an memiliki proses yang berbeda dalam perjalanannya, selalu ada kerikil tajam dan jalan berkelok yang siap menguji mereka. Terlebih konsistensi menghafal Al-Qur’an. Dari rintangan itu, jangan sampai kita mundur ketika sudah mantap menghafal Al-Qur’an. Teruskan dan lanjutkan sampai 30 juz. Niat yang baik tidak akan menghasilkan hasil yang buruk. Masalah takut tidaknya untuk menjaga hafalan kita supaya tetap terjaga, itu urusan akhir. Lagi pula, masa iya kita akan melepaskan sesuatu yang sudah kita raih dengan susah payah,” dawuhnya dengan suara menggebu-gebu.

Khalishatun Nisa’ selaku Ketua Pengurus PPA. Nurul Hikmah sekaligus salah satu anggota KTQ mengatakan dalam sambutannya bahwa seabrek aktivitas mulai dari tugas sekolah formal, menghafal Al-Qur’an, dan muraja’ah menjadikan teman-teman KTQ kelimpungan dalam mengatur waktu mereka. Jadi, perlu untuk mengatur waktu dengan sebaik mungkin agar konsistensi menghafalkan Al-Qur’an terlaksana dengan maksimal. Lebih dari itu, beliau juga mengutarakan beberapa harapan dari terlaksananya acara ini.

“Acara ini penting dilaksanakan dengan harapan kami tetap konsisten menghafal dan senantiasa mengamalkan isi Al-Qur’an. Sebab, kami mendapatkan banyak ilmu dari Nyai Syifa’. Mulai dari metode yang beliau gunakan selama proses menghafal dan berbagai motivasi lainnya, seperti dawuh beliau bahwa waktu yang sangat efesien untuk menghafal Al-Qur’an adalah disepertiga malam yaitu ketika suasana lagi baik, pikiran tenang, dan perut kenyang,” pungkasnya.

Acara selesai tepat pada pukul 10:33 WIB dan ditutup dengan pembacaan doa oleh Nyai Fairuzah Tsabit setelah sebelumnya memberikan cenderamata kepada penyaji, Nyai Syifaun Nida’ binti KH Umar Saifuddin.

 

1 komentar untuk “PPA Nurul Hikmah Gelar Acara Sharing Pengalaman Menghafal Al-Qur’an”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *