Program Mingguan: Kerja Bakti Sasar Seluruh Area Pondok

Zakiya Fitrotin Maulida, PPA Nurul Hikmah

Annuqayah.ID – Pengasuh Pondok Pesantren Annuqayah Nurul Hikmah Ny Hj Malthufah Mahfoudh minggu-minggu ini rutin meninjau langsung pelaksanaan salah satu program mingguan di PPA Nurul Hikmah, yaitu kerja bakti akhir pekan. Mulai dari sekitar area dhalem pengasuh, area pondok dan lain sebagainya. Pada 29 September lalu, bersama beberapa santri yang sedang tidak beraktivitas lainnya, beliau memimpin langsung kerja bakti di sekitar tempat kunjungan santri.

“Kerja bakti sudah dihapus dari peraturan pondok, ya?” begitulah teguran beliau ketika memperhatikan kondisi area tersebut yang sudah penuh dengan rumput liar sehingga memang dapat dikatakan “terbengkalai”. Para santri yang mendengar itu hanya tersenyum malu karena merasa bersalah. Mereka mulai berjanji dan bertekad untuk konsisten menjaga kebersihan di area PPA Nurul Hikmah.

Lalu pada hari Jumat kemarin, 1 Oktober 2021, Pengurus PPA Nurul Hikmah Divisi Kebersihan, Ustazah Wifqoh Azizah berinisiatif mengadakan kerja bakti akbar. Kali ini santri diarahkan untuk membersihkan halaman belakang pondok yang sudah mulai ditumbuhi ilalang. Pengurus berharap santri PPA Nurul Hikmah tetap istikamah menjaga kebersihannya sehingga kesehatan diri dan lingkungan selalu terjaga.

“Pada akhir 2021, target PPA Nurul Hikmah bersih dari sampah dan rumput liar. Semoga kami santri PPA Nurul Hikmah bisa melaksanakan amanah pengasuh dengan baik,” harapnya.

Di tengah kegiatan kerja bakti yang tengah berlangsung, Nyai Fairuzah Tsabit selaku pembina sekaligus penasihat pengurus PPA Nurul Hikmah rabu dan turun tangan ikut serta kerja bakti membantu santri.

Beliau menyampaikan apresiasinya kepada santri dan sangat bersyukur karena halaman belakang pondok sudah bersih dan sedap dipandang mata. Nyai Fairuzah juga merencanakan akan membangun semacam gazebo sebagai tempat bersantai santri di sore hari supaya halaman tersebut terpakai dan tidak lagi ditumbuhi ilalang dan rumput liar. Rencana ini disambut positif seluruh pengurus dan sorak senang santri sehingga ditargetkan terlaksana akhir tahun ini.

Rumput liar dan sampah daun kering yang terdapat di halaman belakang PPA Nurul Hikmah dibabat habis lalu ditumpuk untuk kemudian dibakar di bawah pohon Bidara yang mulai berbuah satu persatu. Asap membubung tinggi seakan mewakili semangat santri yang masih berkobar untuk menyelesaikan kerja bakti walaupun mereka dalam keadaan masih belum sarapan. Kegiatan yang dimulai pada pukul 07.25 WIB ini selesai pada pukul 10.20 WIB dan diakhiri dengan makan bersama.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *