Rayon KH Ahmad Basyir Bangun Asrama Baru

Muhtadi dan Ikrom Firdaus, Sekretariat-PPA

Annuqayah.ID – Pondok Pesantren Annuqayah daerah Latee yang memiliki rayon lokal salaf tengah melakukan pembangunan asrama baru di depan gedung angkatan pertama. Hal ini diharapkan agar iklim belajar santri bisa maksimal.

Bangunan baru ini rencananya akan dijadikan tiga ruang. Perinciannya, satu ruang untuk kantor, satu ruang untuk perpustakaan dan satu ruang sisanya akan diisi dua kamar dan satu ruang khusus guru.

Menurut Ahmad Rofiq, selaku Koordinator Rayon mengatakan bahwa rencana pembangunan ini akan di khususkan untuk santri angkatan 2020. Karena mengingat sistem yang diterapkan di rayon lokal tersebut menargetkan sistem khataman dengan jangka waktu 3 tahun.

“Tiga kamar menghadap ke timur akan digunakan santri baru,” tuturnya saat di temui di kantornya.

Di sebelah selatan bangunan yang sedang di bangun itu rencananya, lanjut Ahmad Rofiq, akan di bangun gedung kelas setiap angkatan. Mengingat di rayon lokal tersebut kegiatannya sangat padat, dan kegiatan pada masing-masing angkatan sama-sama berjalan.

“Itu untuk semua angkatan,”paparnya menjelaskan bangunan yang akan digunakan sebagai ruang kelas itu.

Dia juga menambahkan sekilas mekanisme pelulusan dan materi yang akan diajarkan di ruang tersebut.

“Target pelulusan dalam ruang ini berjangka 3 tahun. Ada juga yang berjangka 1 tahun, namun itu khusus angkatan 2018 (pertana). Sedangkan guru yang menjadi pengajar diambil dari alumni walaupun sebagian juga diambil dari pengasuh Annuqayah seperti K. Ramdan dan lain-lain,” tambahnya

Materi yang diajarkan di kelas tersebut mengikuti alur angakatan, jika masih angkatan baru materi yang diajarkan adalah materi dasar, seperti Taklim, Jurumiyah. Namun untuk angkatan lama, materinya lebih dalam lagi seperti Tafsir dan Fathul Mu’in.

Selanjutnya, Ahmad Rofiq berharap dengan adanya fasilitas baru ini dapat memudahkan pengontrolan belajar dan pengalokasian setiap angkatan yang masuk di rayon tersebut

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *