Pondok Pesantren Annuqayah
Image default
Daerah

Realisasikan HIMADIN sebagai Aktualisasi Belajar Siswi Madrasah Diniyah

Rustiani Lailatul Qamariyah, PPA Lubangsa Selatan Putri

Pengurus Madrasah Diniyah PPA Lubangsa Selatan Putri pada hari Rabu, 18 Mei 2022 mengadakan pembukaan Haflatul Imtihan Madrasah Diniyah (HIMADIN). Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja pengurus Madrasah Dniyah PPA Lubangsa Selatan Putri yang dimaksudkan untuk merayakan berakhirnya kegiatan belajar mengajar (KBM) semester genap yang memang rutin dilakukan setiap tahun. Acara pembukaan tersebut dimulai pada pukul 20.25 WIB yang bertempat di halaman terbang PPA Lubangsa Selatan Putri dengan dihadiri oleh seluruh siswi madrasah diniyah.

HIMADIN yang akan berlangung selama 6 hari 7 malam ini disemarakkan dengan 12 lomba yang wajib diikuti oleh setiap kelas. Daftar 12 lomba tersebut adalah: Ular Balon, Nazham dan Tashrifan (Dhansrif) Berantai, Olimpiade Nahwu Sharraf (ONS), Who am I, Karung Bertasrif, Baca Kitab, Cerdas Cermat, Busana Daur Ulang, memasukkan paku dalam botol, Gambus Al-Miftah, Drama Nahwiyah dan Duta Santri. Selain dituntut untuk mendelegasikan beberapa anggota dari masing-masing kelas, seluruh siswi, tanpa terkecuali, diharuskan mengikuti muhafadzah hafalan wajib sebagai bentuk ujian terakhir di setiap semester.

Dalam sambutannya, Zahrotul Jannah selaku Kepala Madrasah Diniyah menyampaikan bahwa salah satu hal yang berbeda dari HIMADIN tahun ini adalah mengenai konsep wisuda bagi siswi kelas akhir.

“Wisuda sebagai bentuk kelulusan siswi ini akan dilaksanakan pada malam Pancarona dengan serentak membacakan ikrar siswi,” jelasnya.

Mahasiswi prodi Tasawuf dan Psikoterapi (TP) semester akhir tersebut juga memberikan 3 poin penting yang diharapkan bisa menjadi motivasi ke depannya, yaitu perkuat pengabdian, perbanyak belajar dan pertajam keikhlasan.

Fawaidah Hasanah, S.Ag, Ketua Panitia Himadin tahun ini menginformasikan bahwa harus terlebih dahulu mengajak dan memotivasi santri untuk bisa melakukan aktivitas di pondok pesantren kembali.

“Acara ini dilaksanakan seminggu setelah jadwal balik pondok, jadi kemungkinan untuk tidak kerasan itu tentu ada, tapi saya lihat, teman-teman panitia berhasil memberikan pemahaman kepada mereka untuk bisa bangkit dari kenangan selama libur Ramadan kemarin, dan saya sangat mengapresiasi kerja keras itu,” ucap santri asal Jaddung tersebut.

Dalam melaksanakan acara HIMADIN yang diformat dengan aneka lomba setiap tahunnya, tentu panitia bidang lomba perlu mempersiapkan segala hal yang menjadi kebutuhan. Mir’atul Mabrurah selaku Koordinator Bidang Lomba HIMADIN menyampaikan bahwa tantangan yang harus dilalui untuk menyukseskan lomba tahun ini adalah terkait pergantian waktu yang telah ditentukan.

“Ada beberapa lomba yang waktu pelaksanaannya harus diubah karena berbenturan dengan jadwal kegiatan para juri,” terangnya.

Meskipun begitu, ia dan teman panitia bidang lomba memiliki semangat yang besar untuk menyelesaikan seluruh lomba dengan maksimal.

“Bagaimanapun, karena ini adalah sebuah tanggung jawab, maka kami harus menyelesaikannya,” terang santri yang lahir bulan Februari tersebut.

Penampilan Grup Selawat Banjari PPA Lubangsa Selatan Putri saat pra acara pembukaan HIMADIN (18/05).

Faradiba Anisaus Shalihah, seorang siswi kelas VI yang sekaligus menjabat sebagai ketua kelas mengatakan bahwa untuk berdiskusi bersama teman kelasnya mengenai lomba HIMADIN ini dirasa cukup sulit.

“Persiapan untuk mengikuti lomba masih separuh. Karena kami termasuk sulit untuk bisa ngumpul bareng. Jadi sebagai ketua kelas, saya harus menemui mereka langsung dan meminta persetujuannya untuk mengikuti lomba-lomba ini, khawatir berbenturan dengan jadwal kuliah,” tutur santri kelahiran tahun 2004 tersebut.

Faradiba, sapaan akrabnya, juga menyampaikan bahwa lomba yang dirasa cukup sulit dan sepi dari peminat adalah lomba Duta Santri. Sekalipun demikian, Faradiba tetap optimis untuk menjadi juara umum pada HIMADIN tahun ini. Bahkan santri yang juga sedang menjabat sebagai Koordinator Divisi Development lembaga Fun English Language Learning (FELL) tersebut siap menggantikan teman kelasnya yang apabila dengan tiba-tiba berhalangan mengikuti lomba.

We can do it if we’re together (kita bisa jika kita melakukannya bersama),” ucap Faradiba yang secara khusus memberikan semangat kepada teman-teman kelasnya.

Pembagian hadiah lomba dan pelaksanaan wisuda akan bertempat di halaman terbang PPA. Lubangsa Selatan putri pada hari Rabu (malam Kamis), 25 Mei 2022, berbeda dengan malam puncak HIMADIN yang akan dilangsungkan pada hari Kamis (malam Jumat), 26 Mei 2022 yang berlokasi di halaman PPA Lubangsa Selatan.

Pembukaan HIMADIN dimeriahkan dengan beragam penampilan, salah satunya adalah grup banjari Lubselia yang tampil memuaskan. Acara pembukaan HIMADIN berakhir pada pukul 23.10 WIB yang ditutup dengan pembacaan doa. Seluruh santri kemudian kembali ke kamar masing-masing, sedangkan panitia melanjutkan kegiatannya dengan rapat evaluasi yang rutin dilakukan setiap malam ketika selesainya acara.

Related posts

Sebarkan Virus Cinta Baca Lewat Workshop

Annuqayah.ID

PHBI 10 Muharram Sekaligus Pembukaan Kegiatan Pembelajaran Kitab Kuning Metode Al-Fatih PPA Kusuma Bangsa Masa Bakti 2021-2022

Annuqayah.ID

AEC Gelar Semester Gasal

Annuqayah.ID