Pondok Pesantren Annuqayah
Image default
Madaris

Rihlah Santri TK/TPA Al-Wildan, Wahana Rekreasi dan Silaturahmi

Tatimmatul Ummah, PPA Lubangsa Utara Putri

Annuqayah.ID – Senin, 21 Februari 2022 kemarin seluruh santri TK/TPA Al-Wildan yang berjumlah 53 bersama para wali dan ustazah melaksankan rihlah ke dua tempat wisata yang cukup populer di Sumenep yaitu Pantai Slopeng dan Asta Tinggi Sumenep. Rihlah ini adalah kegiatan yang memang telah direncanakanan pada awal periode dan memang menjadi kegiatan tahunan.

Kegiatan rihlah ini sebenarnya dirancang sebagai kegiatan akhir dari seluruh kegiatan-kegiatan yang ada di TK/TPA Al-Wildan selama satu periode, dengan tujuan dapat menyegarkan dan menghindari kejenuhan otak yang sudah bekerja keras selama satu tahun ini. Pada tahun-tahun sebelumnya kegiatan ini diletakkan setelah pelaksanaan ujian akhir, namun karena khawatir terkendala oleh pandemi Omicron, pengurus TK/TPA Al-Wildan setelah melakukan rapat bersama, menyepakati untuk melaksanakan kegiatan rihlah ini di bulan Februari.

Rihlah: Wahana Rekreasi dan Silaturahmi

Selain sebagai wahana rekreasi, kegiatan ini juga dijadikan sebagai media memperkuat tali silaturahmi antara ustazah dan wali santri TK/TPA Al-Wildan. Hal ini dapat dilihat dari awal kegiatan ini. Kegiatan ini diawali dengan tahlil bersama di Asta Tinggi yang dipimpin oleh pengurus bagian administrasi, yaitu saudari Sulistiawati. Selain untuk menanamkan nilai-nilai kepesantrenan dalam diri santri, acara tahlil bersama ini juga diharapkan dapat mempererat hubungan antra ustazah dan wali santri TK/TPA Al-Wildan.

Suasana saat pembacaan tahlil di Asta Tinggi Sumenep (21/2).

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan melepas penat bersama di Pantai Slopeng. Salah satu pantai yang berada di Kota Keris tersebut menarik banyak perhatian. Di samping karena wahananya yang memadai, pemilihan Pantai Slopeng dianggap baik karena suasana pantai Slopeng cukup menyenangkan. Meskipun cuaca pada saat pemberangkatan kurang bersahabat, tetapi acara tersebut tetap berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah kami bisa menikmati kebersamaan ini dengan bahagia bersama seluruh santri. Itu merupakan sesuatu yang berharga bagi kami sebagai ustadzah. Karena dilaksanakan bersama-sama, apalagi dengan seluruh santri TK. Sangat menyenangkan dan memuaskan,” ucap salah satu ustazah TK/TPA Al-Wildan.

Kegiatan rihlah ini diakhiri dengan makan bersama. Dan tentu saja hal tersebut semakin mempererat silaturahmi antara ustazah, santri dan wali santri TK/TPA Al-Wildan.

“Kami seolah memiliki keluarga besar di sini,” ucap Vina Syahadatina, salah satu ustazah di TK/TPA Al-Wildan

Banyak Pihak yang Ikut Berperan Aktif

Kegiatan ini bukanlah tanpa rintangan. Beberapa kali rencana kegiatan ini menjadi bahan musyawarah bersama agar dapat terlaksana dengan lancar, mulai dari pemilihan lokasi, akomodasi, dan beberapa hal lainnya. Namun meski pun demikian, akhirnya kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan suasana penuh kebahagiaan.

Dalam perjalanan perencanaan tersebut, banyak pihak yang terlibat, baik ustzah atau pun para wali santri. Banyak para wali santri yang ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini, terutama wali santri yang memang diikutsertakan dalam kepengurusan, semisal Ibu Yuliatin yang merupkan ketua POS (Persatuan Orang tua Santri) TK/TPA Al-Wildan.

Related posts

Rektor Baru, Kiai Syamli: Saya Fokus Mengantar Instika Jadi Universitas

Annuqayah.ID

Siswa MA 1 Annuqayah Putri Borong 4 Piala dalam Ajang Omafes Se-Madura

Annuqayah.ID

Kenalkan Dunia Kampus, IST Annuqayah Gelar Ordik

admin