Rutinitas Bersalawat: Upaya Menstabilkan Cinta Rasul

Uzlifatul Laily, Lubangsa Selatan Putri

 Bulan Rabi’ul Awwal telah berlalu, namun momentum bersenandung kepada Rasulullah tidak akan pernah padam. Seperti yang dilakukan oleh santri PP Annuqayah Lubangsa Selatan Putri (Lubsel Pi) tanggal 5 Desember 2019. Malam Jumat dijadikan rutinitas mingguan untuk bersalawat kepada nabi Muhammad Saw.  secara serempak di musalla baru lantai dua.

Pemandu pada kegiatan ini biasanya diserahkan kepada masing-masing kamar secara bergantian setiap minggunya. Kamar A4, Guria Peacer Come, malam itu memimpin senandung salawat Ya Nabi Salam ‘Alaika dan Ya Habibal Qalbi. Biasanya, setelah selesai bersalawat, masih ada penyampaian nasihat atau hal-hal lain oleh ketua pengurus disusul dengan pembacaan nama-nama santri yang melanggar tata tertib pesantren.

Kegiatan yang biasa disebut diba’iyah ini merupakan program kerja Pengurus Pesantren Lubsel Putri. Tujuannya tidak lain adalah untuk menyatukan dan menstabilkan rasa cinta kepada Rasulullah. Rutinitas dalam berkegiatan, menurut Koordinator Divisi Peribadatan Periode 2016-2017 sampai 2018-2019, merupakan upaya agar santri tidak melupakan bahkan meninggalkan Proklamator Islam yang seharusnya dijadikan idola dalam kehidupan.

“Harapan saya satu, semoga kegiatan (baca: diba’iah) ini selalu bisa diikuti dengan khidmat oleh seluruh santri Lubsel Putri. Makanya, mulai kemarin (periode 2018-2019) sampai sekarang diberlakukan kebijakan bahwa hanya boleh memakai buku saku diba’ yang dicetak oleh PP Annuqayah Lubangsa Selatan Putri. Ya, biar mereka seragam dan kompak bersalawat,” papar santri semester akhir Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi ini.

Selain itu, ia menambahkan bahwa untuk jenis lagu yang tidak ditujukan secara langsung kepada Rasulullah, juga tidak diperbolehkan. “Menurut ketua pengurus dulu, karena itu bukan salawat. Hanya lagu biasa. Kayak lagu untuk guru dan lain semacamnya. Tapi, memang berbahasa Arab,” imbuhnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *