Sambut Siswa Baru, MA 1 Annuqayah Putri Laksanakan MATSAMA 2021

Lailiyatul Badriyah, MA 1 Annuqayah Putri

Annuqayah.ID – Madrasah Aliyah (MA) 1 Annuqayah Putri kembali melaksanakan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) pada Sabtu-Selasa (10-13/07/2021) yang bertempat di MA 1 Annuqayah Putri. Kegiatan MATSAMA ini dikemas dengan beberapa penyajian seputar pengenalan madrasah, keorganisasian, pemantapan jurusan, Aswaja dan ke-Annuqayahan, dan bagimana cara belajar yang efektif.

Tema yang diambil dalam kegiatan MATSAMA tahun ini yaitu “Merintis Generasi Optimis dan Kritis yang Berasas Agamis”. Tema tersebut bertujuan agar peserta MATSAMA selalu bersikap optimis dan menjaga akhlakul karimah mereka dengan tetap berpedoman kepada syariat agama. Kegiatan ini juga diikuti oleh seluruh siswi baru dan siswi lama yang belum mengikuti MATSAMA pada tahun sebelumnya.

Pada hari Sabtu, 10 Juli 2021 panitia MATSAMA mengadakan geladi bersih yang acaranya berupa pembagian aksesoris, pembentukan kelompok, pembagian penjab disetiap kelompok yang kemudian dilanjutkan dengan pengenalan password MA 1 Annuqayah Putri.

Sedangkan pada hari Ahad-Selasa, 11-13 Juli 2021 dilanjutkan dengan beberapa kegiatan penyajian. Sebelum penyajian dimulai, diadakanlah apel pagi yang diikuti oleh seluruh siswi baik yang baru dan lama, yang diisi dengan pembukaan MATSAMA MA 1 Annuqayah Putri 2021 yang dibuka secara simbolik oleh kepala MA 1 Annuqayah Putri, KH Muhammad Muhsin Amir sekaligus pembacaan surat keputusan (SK) pengenalan PKM (Pembantu Kepala Madrasah) beserta staf-stafnya.

KH Muhammad Muhsin Amir selaku kepala MA 1 Annuqayah Putri menyampaikan bahwa kegiatan MATSAMA ini memiliki beberapa tujuan yang ingin dicapai.

“Kegiatan tahunan ini harus diikuti oleh seluruh siswi baru dan siswi lama yang belum mengikuti MATSAMA pada tahun sebelumnya. Tujuan diadakannya MATSAMA ini adalah untuk memperkenalkan profil, kegiatan intra dan ekstra kulikuler, agar siswa baru dapat beradaptasi dengan lingkungan madrasah. Selain itu juga untuk mengenali bakat dan minat siswa baru yang akan dijadikan acuan penyusunan program Dewan Perwakilan Siswa (DPS) MA 1 Annuqayah Putri masa bakti 2021-2022,” ujar pengasuh Pondok Pesantren Annuqayah Daerah Al-Amir itu.

Para peserta MATSAMA MA 1 Annuqayah Putri 2021 sedang mengikuti kegiatan (11/07).

Nuri Fitrotin selaku ketua panitia MATSAMA 2021 mengatakan bahwa banyak perbedaan dari pelaksanaan MATSAMA 2021 dengan tahun-tahun sebelumnya dikarenakan masih dalam suasana Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

“Kegiatan MATSAMA pada kali ini berbeda dengan MATSAMA pada tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, pada periode kali ini sangat menerapkan protokol kesehatan. Di samping itu juga, awalnya penutupan dirancang untuk ziarah ke beberapa makbarah para pengasuh dan sungkem kepada para pengasuh terpaksa ditiadakan. Maka dari itu, MATSAMA kali ini lebih ditekankan pada penyajian. Karena pada sesi penyajian terdapat begitu banyak manfaat yang akan diraih. Durasi waktunya pun juga ada pemangkasan, yang biasanya dilaksanakan pada waktu pagi, siang, hingga sore. Akan tetapi, MATSAMA kali ini hanya dilaksanakan pada pagi hingga siang hari. Hal ini terjadi karena pandemi Covid-19 muncul lagi ke permukaan bumi pertiwi ini,” ucapnya.

Dia juga menuturkan bahwa dalam acara MATSAMA kali ini ada beberapa kendala, namun karena kekompakan dan rasa tanggung jawab yang besar dari panitia, semuanya dengan mudah bisa teratasi.

“Hanya butuh semangat, kerja keras, dan saling percaya untuk mengoptimalkan semuanya,” tuturnya saat diwawancarai.

Pada hari terakhir, diadakanlah penutupan yang diisi dengan penampilan setiap kelompok MATSAMA serta dilanjutkan dengan penobatan terbaik individu, terbaik kelompok, terbaik resume, dan terbaik  tandatangan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *