Pondok Pesantren Annuqayah
Image default
Madaris

Santri dan Wali Santri TK/TPA Al-Wildan Bersemangat Mengikuti Acara Manasik Haji

Tatimmatul Ummah, PPA Lubangsa Utara Putri

Kamis, 7 Juli 2022, seluruh Santri TK/TPA Al-Wildan mengikuti acara Manasik Haji yang dilakukan oleh pengurus TK/TPA Al-Wildan dengan begitu bersemangat. Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Pondok Pesantren Annuqayah Lubangsa Utara Putri ini berjalan dengan cukup meriah. Para santri TK/TPA Al-Wildan beserta sebagian wali santri yang mendampingi juja antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan. Bahkan salah satu wali santri TK/TPA Al-Wildan mengaku seolah sedang melakukan haji dan berharap kegaitan ini (haji;red) dapat benar-benar dilakukan.

Kegiatan Manasik Haji diusahakan sesuai dengan praktik pelaksanaan haji yang sesungguhnya, mulai dari tata cara sampai dengan tempat pemberangkatan, titik ihram, dan lain sebagainya. Praktik Manasik Haji dimulai dari titik yang diskenariokan sebagai titik pemberangkatan jamaah haji dari Indonesia ke bandara King Abdul Aziz Jiddah. Pada titik tersebut, yakni halaman utara PPA Lubangsa Utara pemberangkatan santri TK dimulai dan berhenti di depan Toko Amanah PPA Lubanngsa Utara Putri. Rangkaian kegiatan ini santri juga diajarkan berihram, seperti  ketentuan baju ihrom yang harus dipakai bagi laki-laki dan perempuan, wukuf, 7 kerikil sebagai persiapan untuk melempar jumroh dan hal-hal yang tidak boleh dikenakan jama’ah haji, seperti memakai wangi-wangian, memotong kuku dan yang lainnya. Para peserta juga tidak lupa diajari lafaz yang harus diucapkan dalam pelaksanaan haji, seperti niat haji, bacaan talbiyah dan bacaan sai.

Salah satu peserta yang sedang mencium Ka’bah saat pelaksanaan pelatihan manasik haji (7/7).

Sekalipun dengan sarana yang sederhana, namun pelaksanaan ini diharapkan dapat menjadi perkenalan bagi para santri TK/TPA Al-Wildan mengenai tata cara haji. Terdapat beberapa sarana yang memang sengaja dibentuk menyerupai aslinya, sekalipun masih terlihat sederhana, seperti maqom Nabi Ibrahim, Ka’bah, dan beberapa simbol yang ada di dalam pelaksanaan haji.

Manasik Haji adalah kegiatan  rutin dan sudah menjadi program tahunan yang sengaja dilaksanakan menjelang hari raya Iduladha. Kegiatan yang menjadi program devisi kesenian  pada tahun ini bertepatan dengan hari Kamis, 8 Dzu alHijjah. Selain sebagai ruang pembelajaran dan penanaman nilai tentang rukun islam yang ke lima, kegiatan ini juga menjadi media mempererat silaturahmi, baik antar santri, wali santri, ataupun para Ustazah TK/TPA Al-Wildan.

“Kegiatan Manasik Haji ini diadakan dengan tujuan untuk mengajarkan atau mengenalkan kepada seluruh santri  TK/TPA Al-Wildan bagaimana tata cara dan bacaan yang ada dalam haji, sekaligus untuk mengingatkan kembali tentang rukun Islam yang ke lima yaitu naik haji jika mampu, berikut niali-nilainya,” begitu penjelasan Zakiyatul Anisah selaku Ketua Pengurus  TK/TPA Al-Wildan saat diwawancarai.

“Kegaiatan ini sebenarnya adalah wahana rekreasi para santri TK/TPA Al-Wildan. Karena memang demikian seluruh kegiatan pembelajaran di TK/TPA seharusnya dilaksanakan, membahagiakan. Dan alhamdulillah, seluruh santri beserta para walinya terlihat sangat aktif, ” kata Lina Kamalia, selaku Koordinator Divisi Kesenian, menambahkan.  

Related posts

Pelepasan Peserta KKN Integratif 2022 Instika

Annuqayah.ID

Gelar Pra-Ordik, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Annuqayah.ID

Peringati Muharram, MA 1 Annuqayah Putri Adakan Ceramah Agama, Santunan Anak Yatim dan Santunan Kaum Duafa

Annuqayah.ID