Turba Ponkestren Annuqayah ke Satuan Pendidikan

Lukmanul Hakim, Sekretariat-PPA

Annuqayah.ID – Pengurus Pondok Kesehatan Pesantren (Ponkestren) Annuqayah mengadakan kegiatan Turba di seluruh satuan pendidikan di Annuqayah. Pertama kalinya Turba dilaksanakan di Madrasah Aliyah Tahfidh (MAT) Annuqayah pada Senin (7/6/2021) yang bertempat di kantor MAT. Turba kali ini didampingi oleh Bapak Annas selaku Ketua Pelaksana Biro Kebersihan dan Kesehatan Pondok Pesantren Annuqayah. Pada Turba selanjutnya akan juga dilaksanakan di satuan pendidikan secara bergantian sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Turba kali ini juga di disambut langsung oleh Kiai Abd Karim selaku Waka Sarana dan Prasarana MAT yang mewakili Kepala Madrasah dan Waka Kurikulum yang berhalangan hadir. Kegiatan Turba ini bertajuk silaturahmi, sosialisasi Rancangan Usulan Kerja (RUK), dan serap usul gagasan atau ide terkait perkembangan Ponkestren Annuqayah ke depan.

Ilyasi selaku Direktur Ponkestren Annuqayah mengatakan bahwa Turba ini bertujuan untuk mensosialisasikan Rancangan Usulan Kerja (RUK) dan meminta masukan tentang kegiatan Ponkestren Annuqayah ke depan.

“Tujuan ini yang paling penting adalah sosialisasi Rancangan Usulan Kerja (RUK). Salah satunya yaitu akan melaksanakan pembinaan kader Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), penyuluhan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), skrining gejala TBC, pemeriksaan siswa secara berkala, pemberdayaan informasi kesehatan (Inkes), dan lainnya,” ucapnya.

Penyampaian usulan program kerja oleh Waka Sarana dan Prasarana MAT ke pihak Ponkestren (7/6).

Sementara itu, Kiai Abd Karim sangat mengapresiasi dan memberikan saran dan masukan demi terlaksananya program kerja yang telah dicanangkan oleh Ponkestren Annuqayah.

“Kami sangat mengapresiasi dengan kegiatan ini. Masukan dari kami terkait pengembangan Ponkestren Annuqayah ke depan. Diantaranya yaitu harus menyediakan layanan cek kesehatan berupa pengecekan kolesterol, asam urat, menyediakan alat-alat metrik (penghangat badan), melaksanakan pemeriksaan terhadap guru Annuqayah agar supaya lebih untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara maksimal dan tidak menggangu aktivitas mengajarnya disatuan pendidikan,” ujarnya.

Ketua Pelaksana Biro Kepesantrenan ini juga menambahkan usulan terkait beberapa kegiatan yang bersifat promotif dan preventif.

“Penting juga mengadakan penyuluhan terkait bahayanya rokok, perilaku pola makan yang sehat, memberikan informasi tentang kesehatan, dan pelayanan yang dilakukan di Ponkestren Annuqayah. Seperti, bekam, akupresure, herbal, dan lainnya,” pungkasnya.

Bapak Annas selaku Ketua Pelaksana Biro Kebersihan dan Kesehatan Pondok Pesantren Annuqayah juga mengucapkan banyak terima kepada satuan pendidikan yang telah menerima kunjungan kami.

“Kami ucapkan banyak terima kasih atas penyambutan yang hangat ini dan semoga kegiatan semacam ini bisa terus berlangsung ke depannya serta mendapatkan apresiasi dari seluruh pemangku kebijakan di satuan pendidikan Annuqayah,” imbuh beliau.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *