Upaya Pencegahan Penyakit Menular, PPA Al-Idrisy Gelar Seminar Kesehatan

Nur Alfaini, PPA Al-Idrisy

Annuqayah.ID – Masa pendemi Covid-19 menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi sebagian kalangan. Berangkat dari hal itu, Pondok Pesantren Annuqayah Al-Idrisy mengadakan kegiatan seminar kesehatan pada Jumat (20/08/2021) yang bertempat di musala Al-Idrisy. Acara dikemas dengan penyajian seputar kesehatan yang meliputi langkah-langkah untuk mencegah penularan Covid-19 dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).  Siti Zainab selaku bidan Rumah Sakit Islam (RSI) Kalianget bertindak sebagai penyaji.

Beliau mengawali penyampaiannya dengan mengurai pentingnya PHBS bagi santri.

“Studi kasus terhadap eksistensi kesehatan di dunia pesantren senantiasa menjadi perhatian besar dalam otoritas eskalasi mutu kesehatan. Hal ini dikarenakan faktor kesehatan merupakan yang utama dalam intensitas Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satu yang menjadi sorotan dalam dewasa ini adalah PHBS,” ujarnya.

 

Penyampaian materi seputar kesehatan oleh Siti Zainab kepada seluruh santri PPA Al-Idrisy (20/08).

Dirinya juga memberikan kiat-kiat yang perlu dipahami oleh santri dalam melakukan PHBS di masa pendemi Covid-19 ini agar tidak tertular penyakit dari orang lain.

“Kiat-kiat yang harus kita lakukan diantaranya yaitu pastikan kita dalam kondisi sehat apabila berpergian ke luar rumah, selalu gunakan masker, selalu menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter, saat memasuki tempat umum, seperti kantor, mall, dan restoran, usahakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu selama 20 detik dengan sabun dan air mengalir, upayakan menggunakan kendaraan pribadi, upayakan membayar secara non tunai, apabila menerima uang dari orang lain, segera gunakan handsanitizer sesudahnya, selalu bersihkan meja kerja atau meja makan dengan disinfektan, gunakan siku untuk membuka pintu dan menekan tombol lift, kurangi menyentuh wajah atau mengucek mata dengan tangan, gunakan tissue bersih jika diperlukan, saat tiba di rumah usahakan segera mandi dan mencuci pakaian yang dipakai di luar, dan jangan bersentuhan dengan anggota keluarga sebelum membersihkan diri,” ucapnya.

Dalam seminar tersebut penyaji juga mendoktrin para santri untuk lebih berhati-hati dan mampu mengaplikasikan hidup bersih dan sehat dalam sehari-hari. Poin penting yanng disampaikan berkaitan dengan desinfeksi yang meliputi kebersihan lingkungan, pembuangan sampah yang mengacu pada ramah lingkungan, pembersihan kamar mandi, serta interdependensi penghijauan. Selain itu cakupan PHBS untuk diri sendiri (fisik) berkenaan dengan kebersihan gigi, mandi dua kali sehari, serta cuci tangan secara rutin.

Dikesempatan yang sama, Uswatun Hasanah selaku Ketua Pengurus Pondok Pesantren Annuqayah Al-Idrisy meyampaikan beberapa tujuan acara ini diselenggarakan.

“Kegiatan ini bertujuan agar seluruh santri yang bermukim dapat mengontrol dan mengevaluasi terhadap kesehatan jasmani, rohani, serta lingkungan sekitar, meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses pengetahuan yang menjadi awal dari kontribusi individu-individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari-hari yang bersih dan sehat, terciptanya santri yang sadar terhadap kesehatan, dan memiliki bekal kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan.” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *